Beranda Hukum & Kriminal Polisi Amankan Pencuri Peralatan Navigasi di Kapal Milik PT Gaharu Shipping

Polisi Amankan Pencuri Peralatan Navigasi di Kapal Milik PT Gaharu Shipping

137
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Anggota Sat Polairud Polrestabes Palembang berhasil meringkus satu dari tiga pelaku pencurian peralatan navigasi di kapal milik PT Gaharu Shipping yang sedang bersandar di pinggiran perairan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang pada Senin (16/5/2022) silam sekitar pukul 03.00,

Setelah buron selama 8 bulan, satu pelaku yakni Jauhari (44) warga Jalan Sultan Agung RT 03/01 Kelurahan 1 Ilir Kecamayan IT II Palembang ini pun berhasil ditangkap tanpa perlawanan saat berada di rumahnya.

Kasat Polairud Polrestabes Palembang Kompol Suprawira didampingi Kanit IPTU Cepi mengatakan, pelaku beraksi ketika awak kapal tengah tertidur di dalam kamar. Kemudian ketika pagi hari, korban mengecek peralatan navigasi yang ada di kapal sudah hilang.

“Penangkapan pelaku berawal dari laporan korban M. Sutanto yang merupakan karyawan kapal. Pelaku mencuri 1 radar, 1 unit esconder, 1 unit radio, dan 2 unit teropong. Mereka beraksi tiga orang saat dinihari,” katanya, Rabu (1/2/2023).

Saat melakukan aksinya, lanjut dia, ketiga pelaku menggunakan perahu ketek untuk mengangkut barang-barang curian.

Dari hasil penyelidikan, pelaku merupakan residivis pencurian dengan modus yang sama. Dan pihaknya masih terus melakukan pengembangan terhadap pengejaran pelaku lainnya.

“Dua temannya berhasil kabur dan baru satu yang sudah kami amankan, selanjutnya akan kami kembangkan mengejar pelaku lainnya,” ujar dia.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Sementara pelaku Jauhari mengatakan, ia sempat kabur ke Lampung satu bulan lebih.

“Saya kabur dulu ke Lampung dan kerja disana selama satu bulan. Setelah itu saya pulang lagi ke Palembang,” katanya.

Ia berperan menyambut barang curian yang dipetik oleh dua rekannya, M dan Y.

“Saya yang menyambut barang curiannya pak, kedua teman saya yang mengambil barangnya dan barang tersebut belum sempat dijual,” jelas dia. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here