Beranda Palembang Jelang Nataru, Pertamina Regional Sumsbagsel Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

Jelang Nataru, Pertamina Regional Sumsbagsel Pastikan Stok BBM dan LPG Aman

122
0
BERBAGI
Press conference Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel bersama awak media di New Town Cafe Bukit Golf Palembang, Jumat (23/12/2022). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), kesiapan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel untuk stok maupun distribusi bahan bakar minyak (BBM) serta LPG bagi masyarakat dipastikan aman.

Executive GM Regional Sumbagsel Aji Anom Purwasakti mengatakan, untuk pendistribusian BBM dan LPG pihaknya sudah membentuk Satuan Tugas (Satgas) terhitung dari tanggal 15 Desember 2022 sampai 8 Januari 2023.

“Satgas ada di Patra Niaga Regional Sumbagsel maupun di terminal – terminal BBM dan LPG di seluruh wilayah Sumbagsel,” katanya kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).

Lanjut Aji Anom mengungkapkan, penggunaan bio solar, pertalite, dan avtur ini merupakan produk – produk yang paling besar digunakan oleh konsumen. Walaupun tetap menyiagakan pertamax, pertamax turbo, dexlit dan dex tersedia cukup di lembaga penyaluran.

“Selama masa Satgas Nataru ini kami memprediksi konsumsi gasoline (pertalite dan pertamax) akan naik sekitar 7,8 persen. Dan pada masa-masa puncaknya (masa mudik), diprediksi meningkat 20 – 30 persen dimulai tiga hari kedepan ini,” ungkap Aji.

Aji menjelaskan, untuk gas oil tidak signifikan karena dalam masa Satgas biasanya akan tinggi di awal dan rendah pada saat hari H.

“Karena adanya pembatasan kendaraan besar pada hari H, industri tutup buku, sehingga akan rendah konsumsinya. Namun secara rata – rata relatif sama dengan kondisi normal,” tuturnya.

Sementara, lanjut Aji, untuk LPG kurang lebih kenaikan sekitar 7 persen selama masa Satgas. Juga untuk avtur kemungkinan akan naik sekitar 17 persen dibandingkan konsumsi di hari normal sebelum masa Satgas.

“Kami juga menyiagakan total ada 660 SPBU, tetapi terdapat 87 SPBU disiagakan untuk 24 jam. Kemudian ada 347 agensi agen yang kami minta untuk tetap buka walau hari libur, lalu 5.540 otlet pangkalan LPG siaga, 5 unit kios layanan tambahan di jalan tol rest area,” jelasnya.

“Untuk di rest area yang tidak ada SPBU-nya, kami dirikan kios seperti Pertashop untuk disediakan pertamax dan dexlit,” ungkap Aji lagi.

Pada kesempatan ini, Aji mengimbau kepada masyarakat untuk membeli BBM sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

“Kami berharap masyarakat membeli BBM di outlet resmi Pertamina, yakni ada SPBU serta Pertashop, karena terjamin kualitas dan keamanannya (safety),” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini juga, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Aji Anom Purwasakti bersama tim manajemen memberikan santunan kepada anak – anak Rumah Yatim Nusantara Tegal Binangun senilai Rp 50 juta. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here