Beranda Palembang Personel Dokkes Polrestabes Palembang Bantu Persalinan Tahanan Wanita di Dalam Mobil Ambulance

Personel Dokkes Polrestabes Palembang Bantu Persalinan Tahanan Wanita di Dalam Mobil Ambulance

162
0
BERBAGI
Personel Dokkes Polrestabes Palembang, dr. Launa R. Munazat, membantu melakukan persalinan kepada seorang tahanan wanita yang hendak melahirkan, Jumat (18/11/2022) sekira pukul 11.00 WIB, di dalam mobil Ambulance Polrestabes Palembang. (Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Personel Dokkes Polrestabes Palembang, dr. Launa R. Munazat, membantu melakukan persalinan kepada seorang tahanan wanita yang hendak melahirkan, Jumat (18/11/2022) sekira pukul 11.00 WIB, di dalam mobil Ambulance Polrestabes Palembang.

Wanita berinsial LM, statusnya tahanan titipan Kejaksaan ini, karena telah terjadi kontraksi dan tidak bisa menahan kelahiran anaknya langsung dibawa menuju ke rumah sakit dengan menggunakan mobil ambulance Polrestabes Palembang.

Namun di perjalanan dalam mobil, dengan bantuan dr Launa R. Munazat akhirnya LM melahirkan bayi jenis kelamin wanita dengan sehat.

Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Mokhamad Ngajib melalui Kepala Dokkes Polrestabes Palembang, Dr. Launa R. Munazat saat diwawancarai, membenarkan dirinya bersama personel Sidokkes Polrestabes Palembang membantu tahanan lahiran di dalam mobil ambulance Polrestabes Palembang.

“Awalnya jam 10 pagi, kita mendapatkan laporan bahwa ada tahanan wanita yang sedang hamil besar mengalami kontraksi. Lalu kita menuju kesana untuk memeriksa pembukaan berapa, dan apakah kepala bayi sudah muncul,” ujar dr. Launa.

Lanjutnya, selain itu pihaknya juga langsung melakukan VT (pemeriksaan dalam untuk melihat pembukaan persalinan).

“Diketahui diraba pembukaan ke 3-4, dan ibu ini akan melahirkan anak yang kelima, serta dilihat dari riwayatnya kemungkinan tidak lama lagi akan melahirkan,” jelasnya.

Lalu, masih kata dr. Launa R. Munazat, ibu ini langsung dibawa ke RS Bari Palembang dengan menggunakan mobil ambulance Polrestabes Palembang.

“Namun di tengah jalan, ibu ini tidak dapat menahan lagi untuk melahirkan. Dengan peralatan seadanya dan untuk mempertimbangkan keselamatan bayi di dalam kandungan, kami lakukan persalinan di dalam mobil ambulance,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa setelah berhasil membantu persalinan dan bayi tersebut telah lahir dengan selamat.

“Sesampai di RS Bari Palembang, langsung diberikan penanganan lebih lanjut untuk bayi dan ibunya. Bayi tersebut terpantau sehat dan menangis kuat dengan jenis kelamin wanita dan berat 3,6 kilogram,” ujarnya. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here