Beranda Palembang KPK Edukasi Warga Palembang Bangun Semangat Anti Korupsi

KPK Edukasi Warga Palembang Bangun Semangat Anti Korupsi

172
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar roadshow Bus KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi 2022. Palembang menjadi kota pertama yang disinggahi dari tiga kota di Provinsi Sumatera Selatan, Lampung dan Provinsi Banten.

Bus roadshow KPK Jelajah Negeri Bangun Anti Korupsi tiba di Kambang Iwak. Rombongan dipimpin Fungsional Direktorat Sosialisasi Kampanye KPK RI, Alfiana. Mereka disambut hangat Sekretaris Daerah Kota Palembang, Ratu Dewa.

“Roadshow nanti akan digelar selama tiga hari, Jumat hingga Ahad,” kata Alfiana saat dibincangi awak media, Kamis (8/9/2022).

Ia menyebutkan, roadshow bertujuan mengedukasi seluruh kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak PAUD, remaja dan aparatur sipil negara. Mereka akan diberi pemahaman terkait sosialisasi, pemberantasan, dan program-program anti korupsi.

“Kita libatkan masyarakat dalam program-program KPK. Bentuk edukasinya beragam dan menyesuaikan kalangan usia. Seperti PAUD akan diedukasi dengan pemutaran film dan dongeng rakyat yang berkaitan dengan anti korupsi,” jelas dia.

Untuk kaum milenial akan ada edukasi yang dikemas dalam game. Adapun ASN akan dilatih sosialisasi cara melapor harta kekayaan e-LHKPN dan gratifikasi, kuliah umum, sosialisasi pengaduan masyarakat serta peninjauan layanan publik.

“Nanti di lokasi (Kambang Iwak) akan ada stan-stan edukasi dan game, termasuk bus yang telah dimodifikasi untuk edukasi masyarakat, juga akan difungsikan,” jelasnya

Ia menuturkan, kegiatan roadshow ini sudah digalakan sejak 2018, 2019 dan kini 2022 untuk menyebarkan semangat anti korupsi dan mengedukasi masyarakat mengenai nilai-nilai anti korupsi.

“Kita berharap banyak masyakat yang hadir,” tambah dia.

Sementara itu Sekda Kota Palembang Ratu Dewa mengapresiasi roadshow KPK. Pemkot Palembang juga telah mempersiapkan roadshow itu secara matang yang melibatkan seluruh elemen masyarakat.

“Sesuai petunjuk teknis KPK, kegiatan ini akan melibatkan semua lapisan, baik stakeholder, forum CSR, ASN hingga masyarakat umum,” ungkap Dewa.

Ia mengajak seluruh masyarakat di kota ini hadir memanfaatkan menghadiri roadshow untuk mendapat bekal ilmu dan wawasan dalam pencegahan maupun pemberantasan korupsi.

“Kita mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat hadir langsung dalam kegiatan itu nantinya,” pungkasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here