Beranda Palembang Perwakilan LKS Sumsel Ditargetkan Bisa Masuk 5 Besar Nasional

Perwakilan LKS Sumsel Ditargetkan Bisa Masuk 5 Besar Nasional

182
0
BERBAGI
Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sumatera Selatan, Drs H Edward Chandra MH melakukan foto bersama. (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Opening ceremony Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ke – XXX tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) berlangsung di gedung aula SMK Negeri 2 Palambang, Selasa (19/7).

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sumsel, Edward Chandra mengatakan, melalui LKS ini pihaknya bisa menyaksikan kreativitas siswa SMK se-Provinsi Sumatera Selatan.

“LKS merupakan ajang lomba kompetensi siswa yang setiap tahun digelar. Jadi ini merupakan salah satu ajang untuk mempersiapkan kompetensi siswa SMK di tingkat provinsi, sehingga juara LKS tingkat Sumsel nanti akan dikirim ke nasional,” katanya.

Seperti yang kita ketahui prestasi siswa SMK di ajang LKS nasional terus meningkat. Yang sebelumnya peringkat ke 26, kemudian 2 tahun terakhir Sumsel naik ke peringkat 8 besar LKS secara nasional.

“Mudah-mudahan tahun ini Sumsel masuk lima besar nasional,” tambah Edward.

Lebih lanjut Edward mengungkapkan, Gubernur Sumsel sangat mendukung kegiatan seperti ini.

“Pesan saya kepada siswa SMK yang mengikuti LKS, gunakanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Semakin banyak kreasi yang dibuat, itu menunjukkan kualitas siswa SMK di Sumsel semakin baik dan berkualitas,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Drs. H. Riza Fahlevi MM mengatakan, LKS SMK tingkat Provinsi Sumsel tersebut untuk memotivasi siswa agar percaya diri dan tetap semangat dalam berkompetisi.

“Di LKS SMK tingkat provinsi ada puluhan kategori perlombaan program keahlian, yang semuanya itu nantinya akan dipertandingkan di tingkat nasional,” katanya.

Riza mengungkapkan, Gubernur Sumsel sangat mendukung seluruh kegiatan perlombaan siswa SMK di Sumsel.

“Sebagai contoh, tadi ada pemberian piala dan hadiah dari Bapak Gubernur Sumsel kepada siswa yang berprestasi, yakni siswa SMK di Banyuasin dan Lahat. Mereka berhasil mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional. Walaupun bukan dari ajang LKS, namun Bapak Gubernur sangat mengapresiasi prestasi siswa SMK yang berhasil mengharumkan nama Sumsel di tingkat nasional,” bebernya.

“Kepada anak-anak siswa SMK yang mengikuti LKS, saya berpesan untuk menjaga kesehatan dan tetap semangat. Melalui perlombaan ini, kita ingin anak-anak siswa SMK terbiasa berkompetisi sehingga tidak gugup,” paparnya.

Kabid SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sumsel Mondyaboni SE S.Kom M.Si menambahkan, semua siswa ini sudah menang di tingkat kabupaten dan kota.

“Pada tahun lalu Provinsi Sumsel berhasil meraih peringkat 8 besar LKS tingkat nasional. Sedangkan pada tahun ini diharpakan dapat meraih prestasi lebih baik lagi. Saya berharap bisa masuk lima besar LKS tingkat nasional,” pungkas dia. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here