Beranda Palembang Sukseskan Program Gubernur, Hitmi Sumsel Bentuk Posko Mandiri Pangan

Sukseskan Program Gubernur, Hitmi Sumsel Bentuk Posko Mandiri Pangan

406
0
BERBAGI
Program Posko Mandiri Pangan di Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan. [Sumber Foto Beritakajang.com/Daud]

Palembang, Beritakajang.com – Guna mendukung program Gubernur H. Herman Deru dalam mewujudkan Sumsel Mandiri Pangan, Himpunan Tani Milenial (Hitmi) Sumsel bergerak membuat program Posko Mandiri Pangan. Dan Kabupaten Ogan Ilir sebagai pilot projectnya, tepatnya di Desa Ibul Besar Kecamatan Pemulutan.

Adapun program Sumsel Mandiri Pangan yang dicanangkan oleh Bapak H. Herman Deru ini sebagai upaya untuk mengubah pola pikir masyarakat, dari biasa hanya menjadi pembeli berubah menjadi produsen atau penghasil.

Ketua Umum Hitmi Sumsel, Gusti mengatakan, melalui posko ini nantinya bergerak mendukung program Sumsel Mandiri Pangan (SMP) yang dicanangkan Gubernur Sumsel dengan memberikan sosialisasi, pendampingan, serta memberikan bantuan berupa bibit, saprodi dan menggerakan masyarakat dengan menanam berbagai kebutuhan dasar secara mandiri di pekarangan rumah masing-masing.

“Tujuannya yaitu agar penghasilan masyarakat akan meningkat, pengeluaran semakin rendah dan akhirnya masyarakat semakin sejahterah. Untuk tahap awal ini, Hitmi Sumsel memberikan bantuan beras untuk masyarakat Desa Ibul Besar,” kata Gusti, Jumat (7/1).

Lanjut Gusti mengungkapkan, program Posko Mandiri Pangan ini bekerjasama dengan Leanpuri Center and Foundation, Yakesma Sumsel, dan Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ogan Ilir (OI).

Di tempat yang sama, Ketua Pemuda Tani HKTI OI Rahmad Hidayat mengungkapkan, untuk giat hari ini sendiri merupakan tahapan awal yang dilaksanakan. Untuk itulah ditahapan awal ini ada 50 paket beras bagi masayarakat sekitar.

“Porgam ini sendiri sederhana, akan tetapi ini wujud kepedulian kami kepada masyarakat, di tengah pemulihan ekonomi di massa Covid-19, “ungkapnya.

Rahmat menuturkan, untuk ditahapan kedua nanti, tepatnya yang akan dilaksanakan di bulan kedua dengan pembagian bibit, saprodi dan sosialisasi pemanfaatan pekarangan rumah untuk bercocok tanam kebutuhan dasar rumah tangga.

Di tempat terpisah, Kepala Desa (Kades) Desa Ibul Besar Muhammad menyambut baik dengan adanya kegiatan pada hari ini. Dirinya sangat berterimakasih kepada Hitmi Sumsel, melalui program ini sangat bermanfaat nantinya.

“Saya selaku Kepala Desa Ibul Besar mewakili perangkat desa lain mengucapkan terimakasi banyak, dan kami sangat menyambut baik dengan adanya program ini,” pungkasnya. [Daud]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here