Beranda Banyuasin Bupati Askolani Ajak Masyarakat Banyuasin Cintai Pangan Lokal

Bupati Askolani Ajak Masyarakat Banyuasin Cintai Pangan Lokal

368
0
BERBAGI
Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH hadir di Graha Sedulang Setudung Pangkalan Balai, Rabu [1/9]. [Sumber Foto : Beritakajang.com/Ida Lela]

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Festival pangan lokal, rempah dan lomba masak serba ikan dibuka langsung oleh Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH di Graha Sedulang Setudung Pangkalan Balai, Rabu [1/9].

Kegiatan tersebut diselenggarakan selama 2 hari, yakni tanggal 1 hingga 2 September besok.

Askolani menegaskan, dalam mengangkat kekayaan lokal yang ada di Banyuasin, upaya yang dilakukan pemerintah kabupaten yakni menyeimbangkan konsumsi pangan sumber karbohidrat selain beras, serta mendukung program beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

“Dengan menginventaris sumber kekayaan rempah lokal dan membudayakan masyarakat Banyuasin untuk mengembangkan tanaman pangan rempah di rumah masing-masing, seperti tanaman obat dan umbi-umbian,” jelas dia.

Askolani mengajak agar masyarakat Banyuasin harus kembali kepola lama dalam konsumsi pangan local. Kembali memanfaatkan sumber karbohidrat seperti jagung, ubi kayu dan lain-lain selain beras.

“Mari kita mencintai masakan rumah dari kekayaan sumber alam kita sendiri. Mengurangi banyak konsumsi pangan luar dan makan apa yang memang menjadi kekayaan kita sendiri,” tegas orang nomor satu idi Banyuasin ini.

“Inilah guna diadakannya festival ini. Gerakan Tanam Sayur (Gertas) dan Gerakan Tanam Obat, Rempah dan Umbian (Tobaru) harus kita paksakan untuk kebaikan kita bersama,” tambahnya.

12 gerakan bersama masyarakat Kabupaten Banyuasin sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel Ir Ruzuan Efendi MM.

“Upaya pemerintah untuk terus menggalakan peningkatan konsumsi pangan lokal bertujuan agar menyeimbangan gizi dan protein untuk kesehatan bersama,” jelas Ruzuan.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr Sri Fitriyanti Askolani. Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintah akan mendorong dan membantu terwujudnya gerakan konsumsi pangan lokal demi terwujud Banyuasin sehat.

“Konsumsi pangan yang seimbang dapat mengurangi stunting, gizi buruk dan tentu saja sangat baik dimasa pandemi Covid-19 saat ini,” terang dia.

Dokter cantik ini juga menegaskan bahwa PKK akan terus mewajibkan setiap Tim Penggerak PKK Kecamatan untuk melakukan 12 gerakan bersama masyarakat menuju Banyuasin bangkit, adil dan sejahtera. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here