Beranda Banyuasin Engal Rejo Optimis Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel

Engal Rejo Optimis Juara 1 Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel

390
0
BERBAGI

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Dalam rangka penilaian lapangan (klarifikasi lapangan) perlombaan desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tim penilai lomba yang diwakili oleh Kabid Pemdes DPMD Provinsi Sumatera Selatan Drs. Uzirwan Irwandi MM didampingi Bupati Banyuasin H. Askolani SH MH beserta rombongan mengunjungi Desa Enggal Rejo Kecamatan Air Salek, Senin (5/7).

Kabid Pemdes DPMD Provinsi Sumsel Uzirwan Irwandi mengatakan, dalam lomba desa kali ini ada tiga tahapan, yakni penilaian berkas, paparan kepala desa, dan penilaian lapangan.

“Untuk penilaian di lapangan kita melihat langsung apa yang menjadi bahan pemaparan kepala desa, apa sudah sesuai atau belum dengan yang sudah dipaparkan oleh kades. Dan setelah kita turun langsung, Enggal Rejo ini merupakan desa berbasis pertanian,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Arisa Lahari selaku Anggota DPRD Banyuasin mengatakan, dalam penilaian yang objektif, harapannya Desa Enggal Rejo terpilih dari penilaian tingkat provinsi.

Dengan dukungan seluruh element, dirinya Berharap Kecamatan Air Salek kembali menjadi juara.

“Mengingat Enggal Rejo merupakan desa yang kompleks, maju dalam bidang kelapa maupun pertanian. Kalau kepala desa semua berinovasi, yakin Kecamatan Air Salek bisa maju semua. Bisa menjadi terbaik dalam penilaian,” harap dia.

Sementara itu, Bupati Banyuasin mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pemdes Enggal Rejo, karena sudah banyak berinovasi untuk kemajuan desanya.

“Setiap desa harus berinovasi. Pada saat ini, Desa Enggal Rejo terbaik di Kabupaten Banyuasin. Kita lihat juga, kantor desa termegah di Banyuasin, bisa bangun masjid, serta sarana lain juga dibangun secara gotong-royong. Dengan inovasi seperti ini bisa menjadi contoh untuk desa lain,” ujar dia.

Lanjut Askolani, dengan konsep gotong-royong Enggal Rejo bisa menjadi percontohan untuk desa lain.

“Mengingat pembangunan yang ada di desa ini hasil dana dari swadaya masyarakatnya, bekerjasama dengan pemerintah kabupaten,” tambah bupati.

“Untuk itu kami mengajak camat dan seluruh pengurus desa turut mensukseskan 7 program prioritas dan 12 gerakan yang sudah dicanangkan oleh pemerentah untuk dapat mengaktualisasikannya di desa masing-masing. Dan kami pun optimis bisa menjadi juara 1 dalam lomba desa tingkat provinsi kali ini,” pungkasnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here