Beranda Olahraga Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19 Targetkan Lolos Grup

Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19 Targetkan Lolos Grup

185
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Mengarungi turnamen AFF U-19 Women’s Championship 2023 di Palembang yang dimulai 5 hingga 15 Juli 2023, Pelatih Kepala Timnas Putri Indonesia U-19 Rudy Eka Priyambada mengaku optimis anak asuhnya mampu untuk melakoni permainan tersebut.

Menghuni Grup A bersama Timor Leste, Kamboja dan Laos, Rudy menargetkan skuad Garuda Pertiwi Muda lolos dari fase grup. Terlebih lagi saat menghadapi Timor Leste di laga perdana besok, 5 Juli 2023, dia berharap anak asuhnya mampu memaksimalkan laga dengan hasil kemenangan.

“Saya belum bisa bicara target karena waktu persiapan kami juga tidak banyak, hanya satu pekan. Namun selama menjalani TC di Palembang, anak-anak sudah sangat bagus, baik fisik dan mental mereka sudah siap mengarungi turnamen ini. Target awal kami harus bisa lolos grup lebih dahulu,” kata Rudy Eka Priyambada dalam sesi pre match press conference, Selasa (4/7/2023).

Saat ini dirinya mengaku masih belum mengetahui kekuatan lawan yang akan dihadapi. Dari tiga tim lawan yang menghuni Grup A, hanya Kamboja yang sudah bertemu dengan kemenangan tipis 1-0 pada Turnamen AFF U-18 tahun 2022.

“Timor Leste dan Laos saya belum pernah bertemu. Saat lawan Kamboja, kita bisa mencetak gol dimenit-menit akhir, tetapi semua tim saya kira kekuatannya rata,” jelas dia.

Meskipun tidak banyak waktu persiapan, namun Rudy punya keuntungan dengan komposisi pemain pilihannya di turnamen ini. Dari 30 pemain yang sebelumnya mengikuti TC di Palembang, pihaknya telah menentukan 23 pemain yang akan turun di Turnamen AFF U-19 Women’s Championship.

Keuntungannya yakni mayoritas yang dipilih memperkuat turnamen ini merupakan pemain yang memiliki jam terbang dengan keikutsertaan di turnamen-turnamen sebelumnya.

“Saya kira pemain-pemain ini yang terpilih karena mereka sudah kita ambil dari 2 atau 3 tahun yang lalu, mereka juga sudah mencicipi jam terbang di tim senior. Bahkan kekuatan tim saat ini lebih merata, baik inti sampai cadangan kualitasnya sama,” tegasnya.

Sementara itu Pelatih Kepala Timor Leste, Vincente Ramos Freitas, mengakui even ini merupakan yang pertama keikutsertaan Timnas Putri Timor Leste. Kendati tidak memiliki target khusus, namun dia mengaku akan bekerja keras untuk meraih poin di laga perdana kontra tuan rumah.

“Ini even pertama bagi saya dan tim kami hanya punya waktu satu bulan persiapan. Kami tidak punya kompetisi reguler untuk timnas putri, jadi pemain harus bekerja keras menunjukan kemampuannya di pertandingan besok. Satu poin sudah cukup baik jika kami bisa menahan tuan rumah,” pungkasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here