Beranda NTB Jelang Ramadhan, Wabup Lombok Utara Tinjau Harga Sembako di Pasar Tanjung

Jelang Ramadhan, Wabup Lombok Utara Tinjau Harga Sembako di Pasar Tanjung

314
0
BERBAGI

Lombok Utara, Beritakajang.com – Menjelang bulan suci Ramadhan, Wakil Bupati (Wabup) Lombok Utara Danny Karter Febrianto Ridawan, S.T., M.Eng bersama jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) setempat melakukan monitoring harga kebutuhan pokok di Pasar Tanjung, Jumat (9/4).

Dalam peninjauan tersebut, wakil bupati menyimpulkan bahwa harga kebutuhan pokok seperti beras, telur, daging, gula, minyak dan lainnya masih dalam kondisi normal.

Selain dari beberapa komoditi yang ada, harga cabai cukup mengalami kenaikan yang signifikan, dimana dalam pekan terakhir harga cabai berkisar di harga Rp 105.000/Kg. Namun setelah ditinjau kembali oleh wabup, harga cabai kini naik menjadi Rp 140.000/Kg.

“Cabe di awal puasa dibanding beberapa hari yang lalu mengalami kenaikan harga,” jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Ekonomi Setda KLU Ir. Moch. Wahyu Darmawan, M.Si menjelaskan, naiknya harga cabai di pasar Lombok Utara lebih disebabkan karena dominasi hasil pertanian holtikultura yang masuk dari luar kabupaten. Jika hal ini terus berlanjut, dikhawatirkan Wahyu, akan mempengaruhi kenaikan terhadap harga bahan pokok yang lain.

“Secara inflasi ini (cabai -red), cukup memberikan efek terhadap naiknya bahan pokok yang lain,” jelas dia.

Menyikapi persoalan ini, Wahyu mengajak seluruh petani Lombok Utara untuk meningkatkan produksi tanaman holtikultura khususnya cabai dan bawang dengan mengoptimalkan penggunaan lahan kering dengan sistem pengairan irigasi tetes ataupun pipa.

“Kelompok-kelompok pembudidaya holtikultura seperti cabai dan bawang itu untuk lebih meningkatkan produksinya, terutama di musim-musim petani daerah lain tidak menanam cabai. Caranya dengan mengoptimalkan lahan-lahan kering yang telah diberikan bantuan irigasi tetes maupun irigasi perpipaan,” ujarnya. (Yoan/Kominfo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here