Beranda HL Jelang Pilbup 2020, Plt. Bupati Lombok Utara: ASN Harus Netral

Jelang Pilbup 2020, Plt. Bupati Lombok Utara: ASN Harus Netral

233
0
BERBAGI

Lombok Utara, Beritakajang.com – Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75 di Kabupaten Lombok Utara (KLU) dirangkaikan dengan apel netralitas ASN menjelang Pemilihan Bupati (Pilbup) 2020.

Disamping itu, upacara bendera juga diisi penyerahan juara Lomba Kampung Sehat Tingkat KLU dari Kapolda Nusa Tengara Barat dan Pemerintah Daerah KLU. Bertempat di pelataran eks. kantor bupati dipimpin langsung Plt. Bupati Lombok Utara H. Sarifudin, SH, MH. Hadir pula anggota Forkopimda, Pj. Sekda, para Asisten, kepala OPD, unsur TNI/Polri dan seluruh ASN lingkup Pemda KLU, Senin (5/10).

Plt. Bupati H. Sarifudin dalam amanatnya menyampaikan bahwa peringatan hari ulang tahun TNI rutin diperingati setiap tahun, upaya mewarisi semangat juang, memahami keteladanan, serta menghayati tindakan dan spirit patriotik penegak kedaulatan negara. Spirit yang dilandasi rasa nasionalisme telah menjadi perisai penguatan kedaulatan negara.

“Melalui peringatan HUT TNI ke-75, saya mengajak seluruh komponen masyarakat KLU agar aktif bersama pemerintah meneruskan perjuangan dan cita-cita para pendahulu kita, terutama dalam mengisi pembangunan daerah,” tuturnya lugas.

Menurut H. Sarifudin, KLU tidak hanya diuji bencana alam, tetapi juga bencana non alam pandemi Covid-19. Penyebaran pandemi corona sungguh cepat menimpa sebagian besar negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia. Lombok Utara juga tidak luput dari serangan wabah global tersebut.

“Inilah ujian yang harus kita hadapi dan kita jawab secara kolektif baik pemerintah, jajaran TNI/Polri dan masyarakat dalam rangka memberikan kenyamanan dan kondusifitas demi tetap terjaganya keutuhan berdaerah, berbangsa dan bernegara,” terang Sarif.

Pada momentum perayaan 75 tahun TNI tersebut, Sarifudin juga menyampaikan sejumlah upaya dan langkah nyata yang diterapkan secara berkala oleh pemerintah daerah KLU, unsur TNI/Polri bersama tim gugus tugas covid-19 guna mencegah dan memutus rantai penyebaran pandemi corona di antero KLU, di antaranya penerapan Perda NTB nomor 7 tahun 2020 dan Perbup Lombok Utara nomor 15 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Mengeluarkan Edaran nomor: 443/411/Setda/IX/2020 tentang aturan penggunaan masker di tempat umum, fasilitas umum, tempat ibadah maupun tempat-tempat lainnya.

Selain itu, pemerintah daerah KLU mengambil langkah-langkah mencegah penyebaran Covid-19 di KLU misalnya penyemprotan disinfektan pada tempat-tempat umum, memonitoring Pelabuhan Bangsal sehubungan dengan keluar masuknya masyarakat lokal maupun wisatawan asing, menjaga jarak sehat, pengamanan dan penataan jarak lapak antarpedagang di pasar-pasar, pembagian masker, sosialisasi dan penyuluhan, memberi layanan kepada pasien positif Covid-19, orang dalam pemantauan serta pemberian bantuan sembako kepada warga, keluarga pasien reaktif dan pasien positif sesuai ketentuan yang berlaku.

“Mari kuatkan sinergi program kampung sehat dikarenakan dapat menunjang meningkatnya keberhasilan desa-desa menerapkan protokol covid-19. Saya mengajak kita semua agar terus-menerus menggalakkan kampanye menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan menjaga jarak untuk keselamatan dan kesehatan kita bersama,” ajak Plt. Bupati Sarifudin.

Ditambahkan, KLU tidak hanya diuji bencana non alam tapi juga diuji bencana karhutla. Pasalnya, pada Sabtu 3 Oktober sekitar pukul 20.25 wita, kebakaran terjadi di Dusun Lendang Galuh Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung. Kebakaran ini menimbulkan kerugian dan korban terdampak 101 KK atau 270 jiwa.

“Korban ada lansia 15 jiwa, bayi/balita 45 jiwa, anak-anak 35 jiwa, dan luka ringan satu jiwa. Rumah terdampak sejumlah 20 unit dan Masjid Nurul Jihad setempat,” imbuhnya.

Pemda KLU terus berikhtiar bekerja keras bersama melakukan terobosan penanganan keadaan untuk pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur dampak gempa bumi 2018. Data BPBD KLU pertanggal 28 September 2020, kata Wabup KLU ini, jumlah RTG yang sudah terbangun sejumlah 37.129 unit, sementara RTG yang sedang dalam proses pembangunan sejumlah 5.964 unit.

Terkait kontestasi pilkada pada Desember mendatang, ASN harus netral mengacu pada kode etik ASN sesuai PP nomor 42 tahun 2004 tentang pembinaan jiwa korps dan kode etik PNS. Dalam PP tersebut, masih kata Sarif, terdapat nilai-nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh PNS, di antaranya netralitas.

“Pemerintah daerah dan segenap lapisan masyarakat KLU menyampaikan terima kasih yang tulus serta apresiasi yang luhur kepada pimpinan dan jajaran TNI atas kerja keras membantu masyarakat KLU. Dirgahayu TNI ke-75, Sinergi untuk Negeri,” imbuhnya.

Dalam pada itu, Kapolres Lombok Utara AKBP Fery Jaya Satriansyah, SH menyampaikan selamat kepada Desa Jenggala atas kesuksesan menjuari lomba kampung sehat tingkat kabupaten, serta mewakili KLU pada lomba serupa di tingkat Provinsi NTB. Seraya berharap bisa ditiru oleh desa-desa lain di KLU.

Menurut Fery Jaya, lomba Kampung Sehat di Lombok Utara terus dilakukan Polres Lombok Utara. Bahkan pihaknya melakukan pembinaan sejumlah pola kegiatan yang dilakukan ketiga desa pemenang lomba, seperti mendorong mematuhi imbauan dan penerapan protokol kesehatan di tiga desa yang bersangkutan.

Selain itu, pihaknya juga mendorong penyediaan infrastruktur dalam penanganan protokol kesehatan di ketiga desa. Hal itu bertujuan supaya yang bagus bisa bertambah bagus. Pihaknya, kata AKBP Fery Jaya, optimis desa utusan Lombok Utara nantinya bisa menjadi juara pada lomba kampung sehat di Provinsi NTB.

“Kampung sehat ini tetap kita berlakukan selama masa covid-19. Penerapan kampung sehat juga terus akan kita terapkan meski covid sudah usai. Formatnya kita ubah agar kampung sehat tetap ada karena masyarakat kita harus hidup sehat.

Dikatakan walaupun Covid-19 telah berakhir, tapi masih terdapat ancaman-ancaman kesehatan lainnya. Kampung sehat itu bukan semata masalah kesehatan tapi ada aspek keamanan, informasi publik dan lain-lain.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan piala dan hadiah kepada pemenang Lomba Kampung Sehat, masing-masing diserahkan kepada Desa Jenggala Kecamatan Tanjung (Juara I), Desa Senaru Kecamatan Bayan (Juara II), dan Desa Bentek Kecamatan Gangga (Juara III). Hadiah dan Piala diserahkan langsung oleh Plt. Bupati Lombok Utara H. Sarifudin. (Sid/Humaspro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here