Beranda HL Cegah Karhutla, Kapolda Sumsel Buka Acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personel

Cegah Karhutla, Kapolda Sumsel Buka Acara Pelatihan Peningkatan Kemampuan Personel

290
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM membuka acara pelatihan peningkatan kemampuan personel, dalam rangka pencegahan, penanganan dan penegakkan hukum karhutla di wilayah hukum Polda Sumsel, bertempat di lapangan Komplek Pakri Palembang, Kamis (9/7/2020).

Wilayah Sumsel seperti kita ketahui masih memiliki banyak sekali hutan dan lahan perkebunan yang sangat luas, sehingga ini dapat memicu terjadinya karhutla.

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di wilayah Sumsel disebabkan oleh beberapa faktor. 2 (dua) faktor yang paling besar penyebabnya adalah pergantian musim kemarau sehingga menimbulkan beberapa titik api dibeberapa wilayah, dan yang kedua adanya indikasi unsur kesengajaan yang dilakukan masyarakat yang merupakan cara yang murah dan mudah untuk mempersiapkan lahan yang siap ditanami kembali dengan cara sengaja dibakar.

Untuk itu peran personel, khususnya Babinkamtibmas sangatlah besar untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadinya karhutla di wilayah masing-masing.

“Saya mengucapkan terimakasih untuk rekan-rekan Babinkamtibmas yang telah bekerja luar biasa selama ini, rekan-rekan Babinkamtibas itu multitasking kalo kita sebut dalam sebuah manajemen, karena memiliki banyak sekali kemampuan,” ujar Kapolda.

Kata di alagi, ilmu memadamkan api itu sebenarnya tidak ada, tetapi kita harus mampu memadamkan api. Padahal kita hanya mempunyai modal keberanian saja untuk memadamkan api.

“Oleh karena itulah menjadi pertimbangan kita untuk mengadakan pelatihan pencegahan, penanganan dan penegakkan hukum karhutla ini. Nantinya juga saya mengharapkan untuk daerah jajaran Polres-Polres ataupun juga Polsek-Polsek yang daerahnya rawan terjadinya karhutla, untuk melakukan pelatihan yang sama agar dapat mencegah terjadinya karhutla di wilayah masing-masing. Dengan tetap tidak mengabaikan aturan-aturan atau SOP yang berlaku,” pungkas Kapolda. (Bakrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here