Begini Cara Koramil 402-09/Mesuji Penuhi Cadangan Ketahanan Pangan

0
9

Kayuagung, Beritakajang.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 402-09/Mesuji melaksanakan kegiatan pendampingan kelompok tani budidaya jamur merang di Desa Margo Bakti Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI, Kamis (4/6/2020) kemarin.

Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI, Letkol CZI Zamroni S.sos melalui Komandan Koramil (Danramil) 402-09/Mesuji, Kapten Inf. Salamun mengatakan, pendampingan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan untuk memenuhi cadangan ketahanan pangan di masa pandemi virus Covid-19.

Danramil juga mengatakan, kegiatan persiapan pemenuhan cadangan ketahanan pangan juga dilaksanakan di setiap wilayah.

“Sesuai perintah dari Dandim agar setiap wilayah mempersiapkan kondisi ketahanan pangan wilayahnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini yang kita sama-sama belum tahu kapan berakhirnya,” ujar Danramil.

Danramil juga menjelaskan budidaya jamur merang dengan media tunggul kosong (tungkos) sawit sangat cocok untuk dibudidayakan di wilayah Kecamatan Mesuji. Mengingat banyak kebun sawit yang sudah ada PKS-nya, sehingga sangat mudah untuk mendapatkan media tanamnya.

“Jamur ini sangat bagus untuk dijadikan sayuran alternatif. Disamping gizinya tinggi, juga dapat menopang ekonomi masyarakat karena harganya sangat menjanjikan. Untuk pemasarannya sendiri sangatlah mudah, karena banyak tengkulak yang datang sendiri untuk membelinya. Selain itu, para kelompok tani juga mempunyai jaringan untuk pemasarannya,” jelas Danramil.

Danramil berharap dengan adanya kontribusi dari kelompok tani budidaya jamur merang, pemenuhan stok cadangan ketahanan pangan di masa pandemi virus Covid-19 dapat terpenuhi. “Semoga masyarakat, khususnya Kecamatan Mesuji dan masyarakat OKI pada umumnya, tidak akan mengalami kesulitan dalam hal ketahanan pangan,” tandasnya.(Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here