Beranda HL Dapur Umum Segera Didirikan, Bantu Warga Miskin Tedampak Covid-19

Dapur Umum Segera Didirikan, Bantu Warga Miskin Tedampak Covid-19

329
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Kapolda Sumsel yang diwakili Wakapolda Brigjen Pol. Rudi Setiawan SIK SH MH didampingi Kadinsos Provinsi Sumsel Mirwansyah, memimpin rapat dapur umum Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, Selasa (14/4/2020), bertempat di ruang Rekonfu Mapolda Sumsel.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolda menyampaikan maksud rapat ini bertujuan adanya sinergitas antar instansi terkait seperti TNI, Polri, dan pemda untuk bekerjasama dalam membangun dapur umum.

“Kami akan memberikan makan kepada masyarakat yang bekerja di sektor informal sebanyak 1.000 kotak nasi untuk makan siang. Sasaran pendistribusian nasi kotak ditetapkan di 18 kecamatan Kota Palembang,” jelas dia.

Wakapolda mengatakan, yang diperlu dipersiapkan yaitu susunan anggaran kebutuhan, gelar perlengkapan seperti tenda, alat masak dan lain-lain. Kemudian pengumpulan bahan baku, petugas masak serta packaging, petugas pendistribusian dan penerima bantuan.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Sumsel Mirwansyah mengatakan, anggaran sudah disetujui oleh pemerintah provinsi, tinggal menunggu kapan akan dilaksanakan pencairan dananya.

“Dinas Sosial akan memberikan dukungan berupa 2 buah mobil dapur umum. Perlu ditambah personel untuk memasak nasi yang mampu memasak nasi 100 Kg dalam satu kali kegiatan,” jelasnya lagi.

“Ditekankan bahwa sasaran dari dapur umum ini adalah orang yang hampir miskin yang penghasilannya hanya cukup makan perhari, seperti kuli panggul, pedagang asongan, pedagang gorengan, ojol, sopir angkot, maupun kuli bangunan,” tambah dia.

Menurut Kepala BPBD Provinsi Sumsel Iriansyah S.Sos, untuk tempat masak berada di halaman kantor Kajati Sumsel, Jalan Ade Nasution. “BPBD hanya bisa mendukung mobil dapur umum dan mobil tangki,” kata dia.

Komandan Denharjasaint II-44-12 Letnan Kolonel Coba Henry Purbaya SE juga menyampaikan, untuk personel memasak sudah disiapkan dan menjadi 2 kelompok, terdiri dari masak nasi dan masak lauk.

“Butuh tambahan personel agar lebih maksimal dalam menyiapkan makanan. Untuk pendistribusian diserahkan kepada Polri, Dinas Sosial dan BPBD,” pungkas dia.

Selesai melaksanakan rapat, Wakapolda beserta rombongan meninjau lokasi dapur umum yang berlokasi di kantor Kejaksaan Tinggi.

Hadir mendampingi Wakapolda Sumsel antara lain Karo Ops. Polda Sumsel, Karo Log Polda Sumsel, Dir Samapta Polda Sumsel, Kabid Humas Polda Sumsel, Kasat Brimob Polda Sumsel, Kasubag Renminops Binops Roops Polda Sumsel, Kasiops korem 044/Gapo, Dandenhar Dan II/Sriwijaya, Pabandya Opsdam II/Sriwijaya, Kasijasabekang Dam II/Sriwijaya, Danbekang Palembang, Ka BPBD Sumsel, Kadinsos Sumsel, dan Kasi PSKBA. (Bakrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here