Beranda Nusantara Diimingi Barter Proyek, Oknum Pegawai PLN di Pembangkit IP Pangsus Diduga...

Diimingi Barter Proyek, Oknum Pegawai PLN di Pembangkit IP Pangsus Diduga ‘Peras’ Vendor

72
0
BERBAGI
Ilustrasi

Langkat, Beritakajang.com – Niat awal Direksi PLN untuk melakukan pemerataan dan memaksimalkan semua potensi kelistrikan melalui kebijakan Asset Management Contract (AMC) lewat program holding sub holding (HSH), nyatanya menjadi peluang bagi segelintir oknum untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Setidaknya isu itu pula yang berhembus kencang di Pembangkit Pangkalansusu (Pangsus) Kabupaten Langkat Sumut, di bawah pengelolaan salah satu anak perusahaan PLN terbesar yang kini berstatus sub holding, PT Indonesia Power (IP).

Tersiar kabar, oknum manajer berinisial E di perusahaan tersebut yang notabene pegawai PLN berstatus tugas karya, diduga melakukan pemerasan secara masif terhadap vendor alias kontraktor.

Konon, praktik pemerasan yang dilakukannya itu menggunakan cara-cara lama, yakni meminta sejumlah uang berulang kali ke vendor dengan iming-iming barter proyek.

Bukan angka sedikit, karena masing-masing vendor dipaksa menyetorkan uang antara 10 hingga 30 juta secara berulang-ulang dan digilir secara bergantian.

“Parahnya, permintaan uang itu gak kenal waktu. Suka-suka dia aja kapan mintanya dan wajib segera ditransfer ke rekening pribadinya,” ungkap salah seorang vendor yang minta identitasnya dirahasiakan, Senin (12/2/2024).

Dijelaskan sumber juga, modus operandi yang dilakukan si pejabat PLN itu juga beraneka ragam.

“Tapi yang paling sering adalah kebutuhan untuk biaya operasional general manager. Kemudian vendor diiming-imingi barter proyek,” sebutnya.

Sementara itu, E, saat dikonfirmasi membantah semua tuduhan dengan mengatakan tidak ada hubungan dengan proyek-proyek apa yang dilakukannya.

“Ini murni pinjaman ke mereka. Saya tidak pernah iming-iming pekerjaan. Saya meminjam jika mereka bisa dan tidak memaksa. Mohon maaf berita pemerasan dan iming-iming proyek tidak ada sama sekali. Terima kasih updatenya bang,” bantah dia.

Selain itu, meski mengakui adanya uang yang ditariknya dari vendor, namun ia juga membantah semua uang yang diperolehnya dari vendor untuk GM.

“Dan tidak ada sama sekali kebutuhan biaya operasional general manager, karena biaya operasional sudah difasilitasi perusahaan. Siap bang, saya janji dengan mereka jika sudah ada uangnya saya kembalikan. Saya tidak pernah meminta-minta dengan alasan diberikan iming-iming proyek, karena bertentangan dengan fakta integritas di perusahaan dan saya memegang amanah dari Direksi PLN dan IP,” dalihnya mengakhiri jawaban dari konfirmasi. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here