Beranda Banyuasin Musim Pancaroba, Kabupaten Banyuasin Siaga Hadapi Bencana

Musim Pancaroba, Kabupaten Banyuasin Siaga Hadapi Bencana

56
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Memasuki peralihan musim dari panas ke musim hujan (pancaroba), Kabupaten Banyuasin akan menghadapi ancaman bencana alam yang dapat membuat potensi terjadinya banjir, angin puting beliung, hingga bencana alam lainnya dikhawatirkan meningkat.

Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin Hani S. Rustam melalui Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ir. Alpian MM mengatakan, pihaknya telah menyiagakan delapan posko bencana di seluruh wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Posko-posko tersebut diisi oleh TRC, masyarakat, dan TNI-Polri,” kata Alpian saat dimintai keterangan, Kamis (7/12/2023).

“Kami sudah menyiapkan delapan posko bencana di seluruh wilayah Banyuasin. Posko bencana karhutla kita tarik, kita ubah jadi posko bencana pancaroba. Kecamatan Rantau Bayur, Pangkalan Balai, dan Talang Kelapa serta daerah perairan lainnya, termasuk daerah rawan bencana,” ujarnya.

“Kecamatan Rantau Bayur, Pangkalan Balai, dan Talang Kelapa, serta daerah perairan lainnya, termasuk daerah rawan bencana. Kami mengimbau agar masyarakat tetap waspada,” kata Alpian.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana serupa, BPBD Banyuasin telah melakukan sejumlah upaya, antara lain meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Masyarakat juga diimbau untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah terjadinya banjir. Melakukan reboisasi untuk mencegah terjadinya longsor. Memiliki rencana evakuasi jika terjadi bencana.

“Potensi bencana pancaroba di Banyuasin memang meningkat setiap tahunnya. Pada tahun lalu, banjir merendam rumah warga di ibukota, Talang Kelapa dan lainnya. BPBD Banyuasin mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga menghadapi bencana,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here