Beranda Lubuk Linggau Radio Anak Lubuklinggau Akan Kembali Mengudara

Radio Anak Lubuklinggau Akan Kembali Mengudara

267
0
BERBAGI

Lubuklinggau, Beritakajang.com – Pemerintah Kota Lubuklinggau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) bekerjasama dengan Komunitas Guru Belajar Nusantara Kota Lubuklinggau menggelar rapat koordinasi (rakor) Program Radio Anak (Radio Anak Oke) Lubuklinggau.

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani, di Op Room Moneng Sepati, Kantor Walikota Lubuklinggau, Kamis (1/7).

Dalam sambutan sekaligus arahannya, Sekda Kota Lubuklinggau, HA Rahman Sani mengatakan beberapa waktu lalu, Radio Anak Lubuklinggau pernah melakukan siaran, namun karena terjadi Pandemi Covid-19, maka siarannya dihentikan.

Sebenarnya, sambung Sekda, di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, radio anak sangat penting karena anak-anak dapat belajar melalui radio.

“Atas dasar itulah penyiarannya dipertimbangkan kembali. Radio anak juga bisa menjadi sumber informasi sekaligus sarana untuk meningkatkan bakat anak.

Dikesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Lubuklinggau yang sudah mengurus radio anak dengan baik.

“Kedepan, akan di evaluasi kembali kontens siarannya, seperti dongeng, kisah-kisah inspiratif  dan sebagainya,” katanya.

Penyiar anak, lanjut dia, sebenarnya figur yang sangat menginspirasi. Untuk itu, dirinya memberi masukan cari cara agar siarannya menarik minat anak. “Karena penyiar radio sangat menginspirasi untuk menjadi idola baru dikalanganya serta menjadi contoh dan inspiratif,” ujarnya.

Selain untuk kalangan anak, sasaran siaran radio anak ini dapat pula menyentuh kalangan orang tua untuk menambah pengetahuan dalam mengajari anaknya karena pasti banyak pelajaran waktu di sekolah terlupakan.

Sementara, Kepala Diskominfo Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi menyampaikan radio anak sempat terhenti dikarenakan situasi pandemi Covid-19. “Dengan penuh pertimbangan, radio anak kembali disiapkan untuk bersiaran sebagai sumber pengetahuan dan pembelajaran bagi anak di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Nantinya, lanjut Armeidi, berbagai kegiatan Pemkot bisa juga disiarkan melalui radio anak. Selain itu ditampilkan pula berbagai kegiatan setiap sekolah, kisah para murid unggulan yang dapat menginspirasi dan memberikan contoh kepada anak-anak lain di Kota Lubuklinggau.

Lebih diharapkan, sambungnya, melalui radio ini dapat mengedukasi anak-anak. Memang pada awalnya, para penyiar radio ini adalah anak-anak relawan TIK dari tingkat SD hingga SMA. “Kedepan, perekrutan penyiar radio anak ini akan melibatkan semua sekolah yang ada di Kota Lubuklinggau. Tujuan lainnya untuk melawan berita hoax dengan menampilkan berita-berita yang baik,” jelasnya.

Bentuk siarannya berupa edukasi dan diharapkan setiap sekolah mengirim wakilnya untuk bersiaran di radio, nantinya guru dan anak akan dikolaborasikan.

“Program radio anak ini direncanakan akan diisi dengan berbagai macam puisi, pantun, dongeng, drama radio, cerita inspiratif, berita terkini/viral, info tentang Indonesia dan pembacaan hasil karya guru dan murid yang inspiratif,” tukasnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here