Beranda Banyuasin Sekda Banyuasin Buka FGD Pengelolaan Barang Milik Daerah

Sekda Banyuasin Buka FGD Pengelolaan Barang Milik Daerah

102
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Sekda Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim ST MM MBA IPU ASEN Eng membuka dan sekaligus menjadi narasumber (nasum) FGD pengelolaan barang milik daerah.

“Giat FGD ini dihadiri seluruh bendahara barang seluruh OPD yang digelar di Hotel Peninsula Palembang,” kata Erwin, Rabu (6/12/2023).

Tujuan FGD untuk pengelolaan barang milik daerah adalah untuk menunjang kelancaran pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah dan terwujudnya akuntabilitas dalam pengelolaan barang serta terwujudnya pengelolaan barang yang tertib,efektif dan efisien.

Diharapkan dengan FGD ini, ujar Erwin, bendahara aset di seluruh OPD dapat memahami tata cara pengelolaan barang milik daerah.

“Keseluruhan kegiatan meliputi perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan dan pemeliharaan, penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan dan pembinaan, serta pengawasan dan pengendalian,” jelas dia.

“Jadi, kehilangan, kerusakan yang  disengaja atau kelalaian pemakaian, wajib dipertanggungjawabkan oleh pemegang, bahkan ada istilah TPTGR yaitu tuntutan perbendaharaan dan tuntutan ganti yang wajib diselesaikan,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here