Beranda Asahan Sekda Asahan Buka Rakornis Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit

Sekda Asahan Buka Rakornis Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Dini, Preventif dan Respons Penyakit

110
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution M.Si membuka rapat koordinasi teknis (rakornis) evaluasi pelaksanaan deteksi dini, preventif dan respons penyakit di Ballroom Hotel Singapur Land, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 180 orang yang terdiri dari Dinas pendidikan, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda, Camat se-Kabupaten Asahan, TP PKK Asahan, Dharmawanita Asahan, Dinas Kesehatan dan Puskesmas.

Menurut Kepala Bidang Dinas Kesehatan Asahan Emi Juniarita Br Barus, bahwa rakornis yang digelar bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang untuk meningkatkan capaian deteksi dini penyakit di masyarakat, sehingga dapat diketahui dan dicegah secara cepat hingga tercapainya derajat kesehatan yang tinggi, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi.

Sementara itu, Sekda John Hadi dalam acara tersebut saat menyampaikan sambutan tertulis Bupati Asahan mengatakan, pembangunan kesehatan pada hakikatnya merupakan upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomi.

“Keberhasilan pembangunan kesehatan serta pelayanan yang baik dan prima untuk masyarakat menjadi tanggung jawab bersama, dan yang terpenting adalah melakukan tindakan pencegahan atau preventif terhadap penyakit tidak menular dan penyakit menular,” jelas dia.

“Diminta kepada petugas pengelola kesehatan, Camat dan Kepala Puskesmas agar dapat memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang untuk meningkatkan capaian deteksi dini penyakit sehingga dapat diketahui dan dicegah secara cepat hingga tercapainya derajat kesehatan yang baik sesuai dengan program Pemkab Asahan,” tambah dia.

Bupati juga mengimbau jajaran Dinas Kesehatan, Camat dan Kepala Puskesmas untuk dapat berperan aktif dalam meningkatkan deteksi dini, preventif, dan respons penyakit agar terwujudnya masyarakat yang sehat. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here