Beranda Palembang Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Multi Event Olahraga Peparpenas X se-Indonesia

Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Multi Event Olahraga Peparpenas X se-Indonesia

180
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ines)

Palembang, Beritakajang.com – Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) menjadi tuan rumah multi event olahraga Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X se-Indonesia.

Kegiatan ini pertama kali digelar di luar Pulau Jawa.

Diketahui, Peparpenas dikhususkan untuk penyandang disabilitas yang diikuti kalangan pelajar.

Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Rian Yohwari mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung mulai 29 Juli hingga 5 Agustus 2023.

“Jumlah peserta 900-an dari 26 provinsi yang ada di Indonesia. Peparpenas yang ke-X dan yang pertama diadakan di luar Pulau Jawa,” katanya.

Dia menjelaskan, alasan Palembang ditunjuk sebagai tuan rumah Peparpenas karena Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) diadakan di Sumsel. Maka dari itu pihaknya juga berharap Peparpenas dapat diadakan di Sumsel.

“Akhirnya kami usulkan ke Pak Menteri, dan minta persetujuan Pak Gubernur sampai akhirnya disetujui, itu saja dasarnya,” ujar dia.

Sebagai tuan rumah, dirinya pun berharap Sumsel menjadi tuan rumah yang baik dari segi apa pun. Sehingga Palembang dapat ditunjuk kembali untuk event-event olahraga lainnya.

“Untuk target tentunya kita menjadi tuan rumah yang baik,” katanya.

Pada Peparpenas kali ini dipertandingkan 6 cabang olahraga yakni para bulutangkis, tenis meja, catur, atletik, renang, dan boccia. Seluruh pertandingan, sambung Rian, akan dimainkan di Jakabaring Sport City (JSC).

“Pada tahun sebelumnya di Jakarta hanya 5 pertandingan tanpa boccia. Seluruh pertandingan dimainkan di JSC, untuk tamu yang VIP di Hotel Whyndam, kalau kepanitian di Ayola, wisma atlet khusus atlet dan panitia pendukung,” pungkasnya. (Ines)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here