Beranda Palembang Peringatan Harganas ke-30 Tahun, Pemkot Palembang Gelar Layanan KB MOW-MOP

Peringatan Harganas ke-30 Tahun, Pemkot Palembang Gelar Layanan KB MOW-MOP

86
0
BERBAGI
(Sumber Foto Istimewa)

Palembang, Beritakajang.com – Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tahun, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang mengelar layanan keluarga berencana gratis.

Dalam kegiatan ini khusus untuk layanan KB Metode Operasi Wanita (MOW) dan Metoda Operasi Pria (MOP).

Sebanyak 76 apsektor mengikuti layanan KB MOW dan dan 28 apsektor MOP yang berlangsung di aula Rumah Sakit Pusri Palembang, Senin (3/7/2023).

Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Sosial dan Kemasyarakatan Kota Palembang, Zanariah mengungkapkan, pihaknya siap ikut menyukseskan dan mendukung visi misi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

“Melalui BKKBN berupaya meningkatkan upaya dalam motivasi pelayanan KB. Dalam hal ini meningkatkan jumlah peserta keluarga KB MOW maupun MOP,” ungkapnya.

Peringatan Harganas ke-30 di Palembang dihadiri Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) BKKBN Pusat, Eni Gustina didampingi Kepala DPPKB Palembang Altur Febriansyah.

Eni Gustina menjelaskan, kegiatan ini penting untuk peningkatan kualitas keluarga. Salah satunya dengan cara merencanakan setiap kehamilan yang spesifik.

“Misalnya dalam keluarga yang telah memiliki anak cukup, maka kita sarankan untuk menjalankan kontrasepsi mantap (kontap). Jadi tidak perlu lagi untuk memikirkan membeli pil KB dan sebagainya,” ucapnya.

Eni menuturkan, kedepan berharap RS Pusri tidak hanya memberikan pelayanan MOW dan MOP.

“BKKBN juga menyediakan dukungan dan anggarannya untuk metode kontrasepsi jangka panjang.  Misalnya pasang implan, dan lainnya,” tuturnya.

Eni menyebutkan, Harganas tentunya bertujuan meningkatkan kualitas keluarga dan menurunkan stunting.

“Kedepannya saya harap kegiatan seperti ini tidak hanya saat Harganas saja, melainkan terus dilaksanakan secara rutin,” tukasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here