Beranda HL Tim Gugus Tugas Covid-19 Terima Bahan Baku Pembuatan Disinfektan dari PT OKI...

Tim Gugus Tugas Covid-19 Terima Bahan Baku Pembuatan Disinfektan dari PT OKI Pulp

317
0
BERBAGI

Kayuagung, Beritakajang.com – PT OKI Pulp and Paper Mills yang notabenenya perusahaan kertas terbesar se-Asia Tenggara melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pemerintah Kabupaten OKI berupa bahan baku pembuatan disinfektan.

Cairan kimia yang nantinya akan diformulasikan menjadi cairan disinfektan ini akan digunakan untuk membantu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19 dalam pencegahan penyebaran virus yang dikenal dengan sebutan virus corona.

H.Gadang Harto Hartawan selaku Head Public Affair PT OKI Pulp and Paper Mills mengaku, pihaknya berinisiatif untuk membantu Pemkab OKI bersama GTPP Virus Covid-19 dan masyarakat dalam memerangi virus corona ini.

Ia mengatakan, pihaknya juga berkomitmen sepenuhnya melalui pemanfaatan kemampuan perusahaan untuk berkontribusi bagi masyarakat Kabupaten OKI.

“Salah satunya ini (bahan baku disinfektan). Kita semua memiliki keyakinan bahwa kita mampu mengalahkan virus ini bersama-sama,” kata Gadang saat jumpa pers didepan kantor BPBD OKI, Senin (30/3/2020).

Dengan bantuan semua pihak, lanjut Gadang, dirinya yakin masalah ini akan segera terselesaikan.

Gadang menceritakan, sebelum cairan kimia yang menjadi bahan baku pembuatan disinfektan ini disalurkan, pihaknya terlebih dahulu melakukan uji coba terkait keamanan dalam penggunaan skala besar di Dinas Lingkungan Hidup OKI.

“Usai dilakukan uji coba dan didemokan oleh Tim Gugus Covid-19 ternyata disinfektan kita layak untuk dipakai dengan catatan harus memakai tambahan pengencer,” ungkapnya.

Masih kata Gadang, sebelum digunakan cairan tersebut harus terlebih dahulu dicampur dengan air dengan skala 1:199.

“Hari ini kita bantu sebanyak 50 jerigen. 1 jerigen berisi 20 liter dan 1 liter dicampur air sebanyak 199 liter dan menghasilkan 200 liter cairan disinfektan siap pakai,” jelasnya.

Menurutnya, bahan yang dibuat oleh perusahaan ini sama dengan yang dibuat oleh pemerintah baik dipusat maupun daerah.

Ketua Forum CSR Kabupaten OKI ini juga berharap bantuan yang disalurkan tersebut dapat membantu untuk melakukan penyemprotan di wilayah OKI.

“Ini baru tahap awal, kalaupun masih kurang kita akan siapkan kembali,” jelasnya lagi.

Sementara itu, Listiadi Martin selaku Kepala BPBD OKI yang merupakan Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 mengatakan, saat ini status Kabupaten OKI sudah ditingkatkan menjadi tanggap darurat siaga bencana Covid-19.

“Kita mengucapkan terimakasih kepada PT OKI Pulp yang telah menyerahkan bantuan cairan pembuatan disinfektan yang sudah dilakukan uji coba dan akan didistribusikan di OKI,” ungkapnya.

Ia menargetkan Kabupaten OKI nantinya zero Covid-19.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabuoaten OKI, Alamsyah menambahkan, untuk penyemprotan berskala besar pihaknya mendapatkan bantuan cairan disinfektan yang akan digunakan dalam upaya penyemprotan skala besar yang akan dilaksanakan besok. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here