Beranda Asahan Wabup Asahan Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Asahan

Wabup Asahan Buka Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten Asahan

82
0
BERBAGI
Bupati Surya lantik Dewan Juri Festival Seni Nasyid dan Qasidah Tingkat Kabupaten Asahan. (Sumber Foto Beritakajang.com/Raja)

Asahan, Beritakajang.com – Wakil Bupati (Wabup) Asahan Taufik Zainal Abidin S.Sos M.Si membuka rembuk stunting tingkat Kabupaten Asahan tahun 2023 di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Selasa (20/6/2023).

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin menyampaikan stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK). Stunting dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan otak, anak stunting memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit kronis di masa dewasanya.

“Bahkan stunting dan malnutrisi diperkirakan berkontribusi pada kurangnya 2-3% Product Domestic Bruto (PBD) setiap tahunnya, stunting tidak hanya menyerang fisik tetapi juga menghambat pengembangan otak,” katanya.

Taufik juga mengatakan, hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Kabupaten Asahan turun dari 18,9% tahun 2021 menjadi 15,3% pada tahun 2022, dan hasil EPPGBM tahun 2022 sebanyak 295 balita stunting, turun menjadi 285 balita stunting di Asahan pada tahun 2023. Oleh sebab itu target nasional 14% di tahun 2024 harus bisa kita capai.

“Saya yakin dan percaya dengan kekuatan kita bersama semuanya bisa bergerak dan angka itu bukan angka yang sulit untuk dicapai, asal semuanya bekerja bersama-sama,” sebut dia. (Raja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here