Beranda Ogan Komering Ulu OKU Raih Empat Kategori Penghargaan Pada Puncak Top BUMD Awards 2023

OKU Raih Empat Kategori Penghargaan Pada Puncak Top BUMD Awards 2023

203
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Tanzimi)

OKU, Beritakajang.com – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) berhasil membawa pulang empat kategori penghargaan sekaligus dalam acara puncak Top BUMD Awards 2023 yang digelar Majalah Top Business 2023 bekerja sama dengan I-OTDA dan Kementerian Dalam Negeri, di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta, Rabu (5/4/2023).

Top BUMD Awards 2023 merupakan ajang penghargaan yang diberikan kepada berbagai BUMD terbaik di Indonesia atas prestasi, perbaikan (improvement) dan kontribusi terkait kinerja bisnis, layanan dan kontribusi terhadap perekonomian daerah.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Inovasi dalam Membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’ ini dihadiri oleh ketua penyelenggaraan M. Lutfhi Handayani MM MBA, Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Djohermansyah Djohan MA. Kementerian Pariwisata yang diwakili Syaifullah SE M.Ec PhD, keynote speech Mendagri Jendral Pol (Purn) Prof. Dr. HM. Tito Karnavian MA Ph.D serta seluruh kepala daerah dan BUMD penerima penghargaan.

Dalam kegiatan itu, Kabupaten OKU menjadi salah satu dari empat BUMD di Sumsel yang menerima penghargaan, yakni BPD Sumsel Babel, BPR Sumsel, BPR Baturaja dan BPR Gerbang Serasan Kabupaten Muara Enim.

OKU sendiri menerima empat kategori penghargaan yakni TOP Pembina BUMD 2023 yang diberikan kepada Penjabat (Pj) Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM M.Pd. Penghargaan ini merupakan untuk kedua kalinya yang diterima oleh Teddy Meilwansyah.

Kemudian penghargaan juga diberikan kepada Januar Hartanto sebagai kategori Top CEO BUMD 2023. PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Baturaja (Perseroda) meraih dua penghargaan kategori TOP BUMD Awards 2023 dan Kategori BUMD Bintang lima.

“TOP BUMD Awards ini merupakan kegiatan Award BUMD terbesar di Indonesia yang dilaksanakan oleh Top Majalah Business sejak tahun 2016, dan ini merupakan yang kedelapan kalinya,” kata ketua penyelenggara TOP BUMD Awards 2023, Lutfi Handayani.

Dikatakan Lutfi, pada TOP BUMD Award 2023 ini sedikit berbeda dari sebelumnya yakni sesi nilai tambahan dalam wawancara penjurian. Dimana pada sesi itu dewan juri memberikan saran dan masukan kepada setiap BUMD untuk peningkatan kinerja dan pelayanan.

Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Djohermansyah Djohan MA menambahkan, penilaian mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan mulai dari bintang satu hingga bintang lima.

“Empat aspek itu meliputi, aspek pencapaian kinerja bisnis baik dan berkelanjutan. Kemudian aspek perbaikan (improvement), aspek kontribusi dalam pembangunan daerah dan aspek inovasi BUMD,” tandasnya

(Sumber Foto Beritakajang.com/Tanzimi)

Sementara itu, Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah mengatakan, penghargaan yang diterima ini setelah melalui tahapan seleksi yang dikuti okeh seluruh BUMD di Indonesia. Hal ini, lanjutnya, tak terlepas dari kerja keras, semangat dan perjuangan Direktur BPR dan jajarannya serta dukungan dari seluruh masyarakat OKU.

“Alhamdulillah hari ini kami mendapatkan penghargaan sebagai Top Pembina BUMD tingkat nasional, karena kami dinilai mampu mengembangkan dan membawa BPR Baturaja melakukan terobosan-terobosan yang membawa kemajuan bagi BPR itu sendiri. Kami bersyukur walaupun BPR masih tergolong belum lama alias baru, namun sudah banyak inovasi dan prestasi yang telah dicapai. Ini sungguh capaian yang sangat luar biasa,” ucap Teddy.

Dikatakan Teddy, untuk diketahui meskipun masih baru namun BPR Baturaja dengan tata kelola yang baik dan akuntabel telah menjadi BUMD atau BPR yang sehat dan aman, sehingga dipercaya oleh masyarakat. Bahkan baru beberapa tahun berdiri BPR Baturaja telah mampu menjadi salah satu sumber dan masukan PAD Kabupaten OKU.

“Semoga BPR Baturaja selalu mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan menjadi lokomotif penggerak perekonomian di OKU,” tandasnya.

Turut Hadir dalam kegiatan itu Asisten II Setda OKU H. Hasan HD, Asisten III H. Romson Fitri, Kepala BKPSDM OKU Mirdaili SSTP M.Si, Kepala Dinas PTSP OKU H. Imron HS, Kabag Perekonomian Setda OKU Tommy, Kabag Pembangunan Setda OKU Indra Susanto dan Kabag Prokpim Setda OKU Febriandi SIP. (Tanzimi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here