Beranda Penukal Abab Lematang Ilir Diduga Disabotase, Pipa Pertamina Pendopo Terbakar

Diduga Disabotase, Pipa Pertamina Pendopo Terbakar

103
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

PALI, Beritakajang.com – Diduga disabotase, line pipa minyak dan gas milik Pertamina Hulu Rokan Zona 4 Field Pendopo terbakar.

Kebocoran pipa itu terjadi pada jalur Talang Akar menuju Pengabuan, tepatnya di Dusun 3 Suka Menanti Desa Suka Damai Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Ahad (5/03/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Nasution (35), salah satu warga Desa Sukadamai dan juga pekerja keamanan (PK) mengatakan, diduga pipa sengaja digesek dan dibakar oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Terbakarnya line pipa itu akibat diduga disabotase orang yang tidak bertanggung jawab.

“Sekitar jam 4 sore kejadian ini, sepertinya pipa diduga segaja digesek dan selanjutnya disulut api dengan menggunakan ranting kayu dengan panjang lebih kurang 4 meter,” ungkapnya kepada wartawan.

Sementara itu, Polres PALI melalui Kapolsek Talang Ubi A. Darmawan, SH mengatakan, kobaran api dari line pipa Pertamina Desa Sukadamai tersebut, diduga kuat disebabkan sabotase dengan cara digesek oleh orang tak dikenal.

“Langkah-langkah dari kami tetap melakukan patroli rutin, khususnya Polsek Talang Ubi secara luasnya Polres PALI. Dari pihak Pertamina juga melakukan hal yang sama. Kita berusaha akan melakukan penyelidikan untuk menangkap pelakunya, jadi bisa tahu motifnya apa,” ungkap dia.

“Mengetahui adanya kobaran api dari line pipa Pertamina itu, saksi menghubungi rekanya bernama Romsah (40) yang tak lain adalah penjaga keamanan Pertamina, berselang kemudian saksi kedua ini langsung menelepon kepala security Pertamina,” jelasnya lagi.

Lanjut dia, sekira pukul 16.45 WIB. pihak Damkar Pertamina dan Pemkab PALI datang ke TKP diiringi rombongan Polsek Talang Ubi. Lalu pukul 17.10 WIB, api berhasil dipadamkan.

“Setelah api padam diketahui line pipa Pertamina dirusak dengan cara digesek, dan selanjutnya line pipa tersebut telah diperbaiki. Kita akan terus melakukan penyelidikan terkait dugaan sabotase ini,” tutup Kapolsek Talang Ubi mewakili Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin, sembari menegaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Menanggapi hal tersebut, pihak PT Pertamina EP  Pendopo Field bergerak cepat dalam menangani kebocoran pipa pada jalur Talang Akar menuju Pengabuan.

Dalam penangulangan tersebut, PT Pertamina EP  Pendopo Field dibantu oleh Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten PALI, pemerintah dan masyarakat Dusun 3 Suka Menanti Desa Suka Damai.

Menurut Senior Manager Pendopo Field, I Wayan Sumerta, kebocoran diduga akibat perusakan oleh orang tak dikenal.

“Pukul 16.00 WIB, kami menerima laporan kebocoran dari masyarakat dan langsung ditangani dengan cepat,” ucap Wayan.

Head Of ComRel & CID Regional 1 Zona 4 Tuti Dwi Patmayanti ikut mengapresiasi masyarakat dan Pemerintah Desa Suka Damai yang cepat menginformasikan kebocoran tersebut kepada Pendopo Field.

“Kami mengapresiasi kepada semua pihak yang telah membantu PT Pertamina EP Pendopo Field. Hal ini merupakan wujud sinergi positif perusahaan dengan stakeholder,” ujar Tuti menambahkan. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here