Beranda Penukal Abab Lematang Ilir Gelar Rakor Awal Tahun, IWO PALI Susun Program Kerja Tahun 2023

Gelar Rakor Awal Tahun, IWO PALI Susun Program Kerja Tahun 2023

184
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Esa)

Talang Ubi, Beritakajang – Pengurus Daerah Ikatan Watawan Online (IWO) Peukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar rapat koordinasi tahun 2023 di Cafe Kopi Dari Hati, Pendopo, Talang Ubi, Selasa (17/1).

Ketua IWO PALI Efran mengatakan, pertemuan dengan anggota IWO tersebut dalam rangka membahas program kerja IWO PALI tahun 2023.

“Rapat koordinasi ini mengawali program kerja IWO PALI kedepan,” kata Efran dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, Efran manyampaikan beberapa program kerja IWO PALI sepanjang tahun 2023. Dimulai pada akhir Januari 2023 dengan menggelar sosialisasi tentang dunia pers dan bijak dalam bersosial media kepada pelajar di SMP Negeri 1 Talang Ubi.

Selain itu, dia menuturkan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar Forum Grup Discusion (FGD) kepada masyarakat PALI dalam mendukung program sosialisasi tentang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bersama Satlantas Polres PALI.

“Sebelumnya kami sudah berdiskusi dengan Kasat Lantas untuk program ini,” ujar dia.

Tak hanya itu, dalam mendukung industri hulu migas yang beroperasi di wilayah kabupaten PALI, kata dia, pihaknya akan menggelar juga FGD tentang kegiatan industri hulu migas kepada masyarakat di wilayah kerja perusahaan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT. Medco E&P Indonesia dan PT. Pertamina EP Hulu Rokan Zona 4 Pendopo Field dan Adera Field.

Kemudian, lanjut dia, pada tanggal 2 April 2023 nanti pihaknya akan menggelar peringatan HUT IWO PALI ke-4 tahun dan peringatan HUT IWO ke-11 pada 8 Agustus 2023.

Untuk meningkatkan kapasitas wartawan, Efran menyatakan IWO PALI akan menggelar pelatihan jurnalis berbasis kriminal yang dilanjutkan uji kompetensi wartawan.

“Untuk dua program itu kita akan menggandeng Pemerintah Kabupaten PALI, Polres PALI dan Polda Sumsel,” terang dia.

“Program ini nantinya ditujukan untuk seluruh wartawan yang bertugas di kabupaten PALI,” tambah dia.

Disisih lain, dia menyampaikan, melalui bidang usaha organisasi pihaknya akan membentuk koperasi. Menurutnya, usaha koperasi itu kemudian akan menjadi tambahan penghasilan bagi anggota IWO PALI.

“Kita targetkan dalam tahun ini usaha koperasi IWO PALI sudah berjalan,” ucap dia kepada peserta rapat.

Ia mengaku saat ini kondisi wartawan di daerah masih sangat jauh untuk mendapatkan kesejahteraan. Untuk itu, pihaknya membuat program dengan melebarkan sayap terjun ke dunia usaha.

Dia berharap kepada semua pihak dapat mendukung rangkaian program kerja IWO PALI di sepanjang tahun 2023.

Kendati demikian, pihaknya meyakini dapat melaksanakan seluruh program kerja IWO PALI yang telah disepakati bersama dalam rapat koordinasi tahun 2023.

Sementara itu, Sekretaris IWO PALI Puput Ulandari mengatakan siap menjalankan amanah bersama agar IWO PALI terus dapat memperjuangkan kebenaran dan keadilan.

“IWO harus terus berjuang untuk masyarakat PALI,” kata Puput.

Senada yang disampaikan Bendahara IWO PALI, Heru Martin, bahwa IWO bukan sekedar perkumpulan wartawan online belaka tetapi wartawan IWO adalah pelaku kebudayaan yang harus turut membangun peradaban dan kemanusiaan.

“Saya mengutip pernyataan Ketua Umum IWO bahwa jurnalis bukan hanya menyampaikan pesan, tetapi juga memiliki kesadaran bahwa dari tulisannya, dari berita yang disiarkannya akan berdampak kepada peradaban dan kemanusiaan,” kata Heru.

Seperti diketahui IWO menjadi salah satu organisasi pers yang menapakan kakinya di kabupaten PALI sejak tahun 2019. Menginjak usia 4 tahun IWO PALI terus berproses menjalankan roda organisasi dengan menggunakan wartawan online untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. (Esa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here