Beranda Banyuasin Dua Desa di Pulau Rimau Ikuti Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK...

Dua Desa di Pulau Rimau Ikuti Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Banyuasin

75
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Dua desa di Kecamatan Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin, yaitu Desa Wana Mukti dan Desa Senda, mengikuti penilaian lomba 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Banyuasin, Senin (6/6).

Penilaian lomba PKK tingkat kabupaten ini dinilai langsung oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Banyuasin. Salah satu yang terlibat dalam tim tersebut yaitu Plt Dinas Ketahanan Pangan, Yuni Khairani.

Menurutnya, dalam kegiatan ini bukan hanya melakukan penilaian saja, tetapi juga pembinaan kepasa kader PKK. Selain itu juga diberikan beberapa quiz tentang hal – hal yang berhubungan dengan program PKK dan 12 gerakan bersama masyarakat.

“Kecamatan Pulau Rimau mengikuti 3 lomba yaitu Desa Wana Mukti Inspeksi Visual Asam Asetat atau IVA Test, sedangkan Desa Senda Mukti mengikuti lomba Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Sekretariat. Semoga kedepan nanti bisa mengikuti semua lomba,” katanya.

Di Desa Wana Mukti, Ketua TP PKK Kecamatan Pulau Rimau Anita Sulisda Oktarina mengatakan, pencapaian di tahun 2021 ini, pemeriksaan IVA sudah mencapai 100%. Pencapaian ini merupakan yang tertinggi di Kabupaten Banyuasin.

“Kita memang sudah turun kelapangan melakukan sosialisasi dan mendorong ibu-ibu dan wanita yang telah menikah untuk melakukan IVA tes. Bahkan kita juga sosialisasi kepada para suami, agar sang istri melakukan pemeriksaan IVA,” ujarnya.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Anita berharap, kedepan hal ini terus dilakukan, terutama ibu – ibu PKK dan Duta IVA untuk terus mensosialisasikan pemeriksaan IVA. Bahkan bila perlu diadakan hari IVA.

“Setiap desa ada hari IVA, dimana dalam 1 minggu ada 1 hari pemeriksaan IVA, disamping pada hari lain juga tetap dilayani jika ada yang ingin periksa. Saya juga berharap dari desa untuk selalu mendukung program ini,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Wana Mukti Purwanto bersama Ketua TP PKK Wana Mukti Umi Khoiriah mengatakan, tujuan dari tes IVA adalah sebagai skrining awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker serviks serta mencegah terjadinya komplikasi.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan pemeriksaan IVA dari tingkat dasawisma ke tingkat RT, dusun hingga tingkat desa. Ada beberapa penilaian dalam hal ini, seperti peran serta masyarakat, kemampuan kader dalam penyuluhan dan pelaksanaan dan Inovasi. Semoga mendapat hasil yang terbaik,” harapnya.

(Sumber Foto Beritakajang.com/Ida Lela)

Terpisah, Kades Senda Mukti Andi Purnomo bersama Ketua TP PKK Senda Mukti Siti Neni Asih mengatakan terpilihnya Wana Mukti dalam penilaian UP2K dan Sekretariat, karena hal ini sudah dinilai dari tingkat kecamatan, kemudian dilanjutkan ke tingkat kabupaten.

“Masalah UP2K dan administrasi sekretariat sudah berjalan lama, jadi ketika ada lomba kita tinggal meneruskan dan merpikan saja. Tentunya kita berharap untuk menang, tetapi sebenarnya itu bukan tujuan, melainkan lebih kepada kinerja dan motivasi buat kawan-kawan, buat lebih baik lagi kedepannya,” pungkasnya. (Ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here