Beranda Ogan Komering Ilir Tumbuhkan Nilai Luhur Bangsa, Sertu Sukirma Dorong Terbentuknya Kampung Pancasila di Desa...

Tumbuhkan Nilai Luhur Bangsa, Sertu Sukirma Dorong Terbentuknya Kampung Pancasila di Desa Kepayang OKI

332
0
BERBAGI
Kampung Pancasila di Desa Kepayang Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, Jumat (4/3). (Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Dalam rangka menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur Pancasila sebagai pedoman bangsa Indonesia, Sertu Sukirman selaku Babinsa Koramil 402-10/Kayuagung dorong pembentukan Kampung Pancasila di Desa Kepayang Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumsel, Jumat (4/3).

Sertu Sukirman mengajak para anggota Koramil 402-10/Kayuagung bersama warga turut serta andil dalam terbentuknya Kampung Pancasila. Mereka terus melakukan kegiatan, mulai memperbaiki lingkungan, penataan tanaman dan pengecatan serta mendirikan gapura Kampung Pancasila yang dilakukan dengan bergotong-royong secara ikhlas.

Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S. Sos MM. MI. Pol melalui Danramil 402-10/Kayuagung Kapten Inf. Jauhari mengatakan, pencanangan Kampung Pancasila di Desa Kepahyang merupakan salah satu desa penilaian terbaik lomba desa se-Sumsel tahun 2020 di Kecamatan Lempuing, termasuk dalam wilayah Teritorial Koramil 402-10/Kayuagung.

“Pemilihan desa ini dikarenakan masyarakat memiliki jiwa selalu bergotong-royong, dan masyarakatnya selalu membantu setiap ada kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama,” kata dial

“Kami bersama warga masyarakat terus melakukan kerja bhakti berupa pembersahan dan menata lingkungan agar terlihat rapi, serta mendirikan gapura sebagai simbol Kampung Pancasila. Dengan menggunakan cangkul, warga dan para Babinsa terlihat antusias dan bersemangat untuk menata Kampung Pancasila,” ujar Danramil.

Para warga dan Babinsa Koramil 402-10/Kayuagung gotong-royong membuat gapura. (Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Danramil menyebut Kampung Pancasila ini sebagai percontohan dalam cerminan dari kearifan lokal, menumbuhkan jiwa patriot dan nasionalisme, seperti kegiatan gotong-royongan, kerukunan antar warga dan toleransi bermasyarakat yang merupakan salah satu nilai luhur dalam Pancasila.

“Sehingga nantinya secara umum akan tercipta kampung-kampung Pancasila di Kabupaten Ogan Komering, khususnya di wilayah Kecamatan Lempuing,” tutupnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here