Beranda Banyuasin Di Kampung Tangguh, Anda Bisa Melihat Pelaksanaan Program Pembangunan Banyuasin

Di Kampung Tangguh, Anda Bisa Melihat Pelaksanaan Program Pembangunan Banyuasin

394
0
BERBAGI

Pangkalan Balai, Beritakajang.com – Bupati Banyuasin H Askolani SH MH bersama Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, MM melaunching Kampung Tangguh Covid-19 Banyuasin Bangkit, Adil dan Sejahtera yang terletak di lahan Badan Penyuluh Pertanian (BPP) Kelurahan Seterio Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin, Jumat (5/3).

Dalam kesempatan ini, orang nomor satu di Banyuasin bersama Kapolda Sumsel melakukan penanaman perdana tanaman sayur (gertas) dan melaunching Inovasi Beragam Edukasi Gerakan Masyarakat Sadar Hidup Sehat (Begesah) yang menjadi program Inovasi Dinas Kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Adapun program dari Begesah ini antara lain, gerakan makan telur dan ayam Posyandu untuk mencegah stunting (gemar posting), gerakan deteksi dini IVA dan sadanis, memberi edukasi informasi dan mengajak wanita lainnya untuk diperiksa (gedus berias), sehat dan bugar dengan jamu dan akupresure (saudagar jamur), gerakan seribu jamban, gerakan pemberian sertifikat penyuluhan keamanan pangan (gemas senyuman pangan), rumah sehat kampung tangguh bangkit

Di lahan seluas 2 hektare tersebut, semua inovasi tujuh program andalan dan 11 gerakan Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera dapat disaksikan oleh masyarakat. Dan bisa dikatakan kampung tangguh ini menjadi miniatur semua program dan 11 gerakan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banyuasin dibawah Komando Bupati Askolani dan Wabup Slamet.

Bupati Askolani mengatakan bahwa Kampung Tangguh Covid-19 ini merupakan pusat kegiatan inovasi-inovasi pembangunan Bumi Sedulang Setudung melalui 7 program andalan dan 11 gerakan Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera.

“Di Kampung ini, masyarakat bisa melihat berbagai program pembangunan yang telah kita laksanakan, seperti gerakan tanam sayur mayur, ternak unggas, ternak ikan, kampung buah hingga program bedah rumah atau rumah tidak layak huni. Intinya kampung tangguh ini miniatur dari pelaksanaan program pembangunan Kabupaten Banyuasin,” terangnya.

Kampung Tangguh Covid-19 ini, terang Bupati Askolani, dibangun atas dana swadaya dan gotong-royong semua unsur pemerintahan. Setiap instansi memiliki kewajiban tanggung jawab sendiri-sendiri untuk kelangsungan Kampung Tangguh Covid-19 ini.

“Kampung tangguh ini bisa menjadi sarana rekreasi dan edukasi bagi masyarakat, akan pentingnya semangat gotong-royong, perlunya pemanfaatan pekarangan untuk pemenuhan kehutuhan keluarga dan edukasi lainnya,” terang dia.

Perlu diketahui dengan semangat gotong-royong yang sudah kita bumingkan, sedikitnya uang rakyat yang bisa dihemat mencapai Rp 1,2 triliun. “Contoh kecil saja, pembersihan rumput di pinggir jalan yang tadinya dianggarkan melalui APBD, dengan adanya gerakan gotong-royong tidak lagi dibiayai APBD dan dananya bisa dibangunkan untuk keperluan masyarakat lainnya. Manfaat lain, masyarakat semakin kompak,” katanya.

“Begitu juga dengan gerakan lain seperti tanam sayur-mayur, kalau biasanya beli cabe ke pasar sekarang dibalik masyarakat bawa cabe untuk dijual dipasar, minimal dengan tanam cabe di rumah bisa untuk makan keluarga mereka sendiri. Begitu juga dengan gerakan lainnya, intinya semua yang kita gerakkan tersebut untuk kebaikan masyarakat itu sendiri,” tegas bupati inovatif tersebut.

Sekda HM Senen Har menambahkan bahwa luas lahan yang menjadi lokasi Kampung Tangguh Covid-19 Banyuasin Bangkit Adil Sejahtera ini seluas 2 hektare lebih.

Dari 2 hektar ini dibagi beberapa areal yang mencerminkan program pembangunan Kabupaten Banyuasin, seperti gertas seluas 1.954 M2, gerbang tobaru luas 1.293 M2, gerbang perak 2.101M2, buah-buahan 2.213M2, mina padi 1.977M2, gemar tugas 578 M2, perkebunan 1.885 M2.

 

Di lokasi ini juga akan dibangun taman bunga khas Banyuasin seluas 874 M2, dan juga dilengkapi berbagai fasilitas pendukung seperti pendopoan 1.179 M2, areal parkir luas 2.760 M2, UMKM, mushollah, waterfront 1.289 M2, contoh RTLH, E-Gov, pusat informasi, Simanis, hingga Posko Pondok Covid Begesah.

Sementara itu, Kapolda menyambut baik dan sangat mendukung dengan adanya Kampung Tangguh Covid-19 di Kabupaten Banyuasin.

“Saya sangat mengapresiasi dan kiranya hadirnya kampung tangguh ini menjadi momentum sarana edukasi bagi masyarakat Banyuasin, terutama di tengah pandemi Covid-19 untuk menerapkan 5M serta berinovasi memanfaatkan pekarangan rumah untuk bertanam sayuran, buahan, ternak ikan dan unggas guna pemenuhan kebutuhan keluarga,” harapnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here