Beranda Musirawas Musi Rawas Mantab, Ratna Machmud Uraikan Sebagai Berikut

Musi Rawas Mantab, Ratna Machmud Uraikan Sebagai Berikut

602
0
BERBAGI

Musi Rawas, Beritakajang.com – Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas (Mura), Hj Ratna Machmud dan Hj Suwarti Burlian, mengajak seluruh elemen dan lapisan masyarakat untuk bersatu padu dalam membangun Kabupaten Musi Rawas. Hal tersebut diungkapkan Bupati Mura Hj Ratna Machmud dalam pidato perdananya pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mura, Senin (1/3).

“Beda pilihan pada saat pilkada itu hal yang biasa. Sekarang saatnya kita hilangkan perbedaan, mari bersatu untuk mewujudkan Mura Mantab (Maju, Mandiri dan Bermartabat),” katanya.

Menurutnya, konsep umum Mura Mantab 2021-2026 dikemas dalam tiga visi. Pertama maju yakni kondisi masyarakat yang bergerak kearah lebih baik, lebih sehat cerdas dan keamanan terjamin. Kedua, mandiri yakni Kabupaten Mura dapat mengelola potensi daerah secara optimal, dan ketiga Bermartabat yakni menjunjung tinggi tata krama.

Dari visi tersebut, sambung Ratna, ada empat misi untuk mewujudkan Mura Mantab yakni, Mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis teknologi dan informasi. Membangun sumber daya manusia berkualitas. Pemerataan infrastruktur berbasis lingkungan dan keempat Memperkuat ketahanan ekonomi dan sosial.

“Dalam mewujudkan keempat misi ini, ada beberapa hal prioritas yang akan kita laksanakan dan tentunya disertai dukungan dari seluruh stakeholder maupun elemen masyarakat,” imbuhnya.

Dijelaskannya, pada misi pertama untuk mewujudkan birokrasi yang profesional berbasis teknologi dan informasi, sasaran diprioritaskan kepada peningkatan seluruh pelayanan menggunakan teknologi informasi, peningkatan kualitas SDM aparatur dan tambahan penghasilan pegawai berdasarkan kinerja.

Selanjutnya, misi kedua untuk membangun sumber daya manusia yang berkualitas diprioritaskan meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan di pondok pesantren, meningkatkan fasilitas di bidang keagamaan, pendidikan gratis sampai jenjang SMP termasuk fasilitas perlengkapan sekolah, kesehatan gratis dan peningkatan fasilitas kesehatan termasuk didalamnya penanggulangan Covid-19 dan beasiswa bagi mahasiswa Musi Rawas yang berprestasi.

Kemudian, misi ketiga dalam pemerataan infrastruktur berwawasan lingkungan dengan prioritas, Peningkatan kualitas jaringan jalan dan jembatan kabupaten sehingga seluruh jalan dan jembatan dalam kondisi mantab, dan peningkatan kualitas akses jaringan air bersih dan listrik.

Dan misi keempat untuk memperkuat ketahanan ekonomi dan sosial diprioritaskan, penguatan pada ekonomi kreatif, usaha mikro, usaha mikro menengah dan kecil. Penggunaan tenaga kerja lokal minimal 80 persen bagi perusahaan yang berinvestasi di Musi Rawas untuk mengurangi angka pengangguran. Revitalisasi pertanian untuk mengembalikan kejayaan Musi Rawas sebagai lumbung pangan.

“Strategi pembangunan yang dilakukan guna mewujudkan Mura Mantab, pertama mengoptimalkan berbagai potensi sumber daya alam sebagai sumber daya pendapatan daerah dengan target APBD di atas Rp 3 triliun. Kedua, mempercepat pemerataan infrastruktur dengan skema pembiayaan tahun jamak multiyears. Ketiga, meningkatkan akses kesehatan pendidikan dan perekonomian seluruh lapisan masyarakat. Dan terakhir, mempermudah semua layanan birokrasi dengan teknologi,” tutupnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here