Beranda HL Dirlantas Polda Sumsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Musi 2020

Dirlantas Polda Sumsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Musi 2020

294
0
BERBAGI

Palembang, Beritakajang.com – Apel gelar pasukan Operasi Patuh Musi 2020 dipimpin langsung Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Juni, SH MH, dan dihadiri Wadirlantas Polda Sumsel AKBP Sigit Wuryanto, SIK, bertempat di lapangan Ditlantas Polda Sumsel Jalan POM IX Kelurahan Lorok Pakjo Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, Kamis (23/7/2020).

Kapolda dalam amanatnya yang disampaikan oleh Dirlantas mengatakan, bahwa Polri telah menetapkan Operasi Patuh 2020 secara serentak di seluruh Indonesia dilaksanakan pada tanggal 23 Juli sampai 5 Agustus 2020 (selama 14 hari). Khusus di Sumsel dengan sandi operasi ‘Patuh Musi 2020’ yang bertujuan menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran, kecelakaan lalulintas dan meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan berkaitan dengan masih mewabahnya virus Covid-19 sesuai dengan karakteristik wilayah masing-masing.

“Khusus tematik di wilayah Polda Sumsel yaitu pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm, pengemudi ranmor tidak memakai safety belt, menggunakan kendaraan melawan arus, serta tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preemtif, preventif dan persuasif dengan humanis,” ujarnya.

Operasi Patuh saat ini berbeda dengan operasi patuh pada tahun – tahun sebelumnya yang disebabkan beberapa factor, diantaranya merebaknya wabah virus Covid-19, kemduain tepat pada saat operasi berlangsung umat Islam merayakan hari raya Idul Adha.

“Dari kedua situasi tersebut menyebabkan pelaksanaan operasi berbeda dengan sebelumnya, baik secara bertindak, target maupun sasaran. Pada operasi patuh sebelumnya, jumlah penindakan berpengaruh terhadap penilaian keberhasilan operasi, tapi operasi yang kita laksanakan saat ini mengedepankan preemtif 40 persen, preventif 40 persen dan refresif 20 persen,” imbuhnya. (Bakrie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here