Beranda HL Usai Isolasi Mandiri, 13 Warga Desa Suryaadi Dipindahkan ke PDP Center Teluk...

Usai Isolasi Mandiri, 13 Warga Desa Suryaadi Dipindahkan ke PDP Center Teluk Gelam

124
0
BERBAGI

Kayuagung, Beritakajang.com – Babinsa Ramil 402-09/Mesuji bersama Kapolsek Mesuji dan beberapa anggota Babinkamtibmas Polsek Mesuji Induk melakukan pengawalan pemindahan 13 warga Desa Suryaadi yang sebelumnya melakukan isolasi mandiri, ke ODP Center Teluk Gelam untuk dilaksanakan pengambilan sampel swab tahab ke dua.

Hasilnya nanti setelah dilakukan pemeriksaan oleh BBLK Palembang. Juga dilakukan pemeriksaan rengent untuk memastikan setelah isolasi ini sudah ada perubahan dan tidak ada pneumonia.

Pemindahan ke 13 warga Desa Suryaadi tersebut dikarenakan akan dilakukan pengambilan sampel swab untuk mengetahui kondisi terakhir ke 13 warga tersebut. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI sekaligus Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Covid-19, Iwan Setiawan SKM M.Kes, saat dihubungi melalui telepon selulernya, Rabu (20/5/2020) malam.

Menurut Iwan, saat ini sudah masuk masa untuk pengambilan sampel swab yang nantinya akan digunakan sebagai penentu apakah ke 13 warga tersebut positif terpapar atau tidak.

Selain itu, Iwan mengatakan bahwa usai melakukan pengambilan sampel swab, terhadap ke 13 warga tersebut juga akan dilakukan pengambilan sampel SPUTUM.

“Tadi sudah kita lakukan pengambilan sampel swab, di rontgen dan hasilnya dinyatakan negatif. Besok kita juga akan melakukan pengambilan sampel keduanya, yakni sampel SPUTUM,” jelas Iwan.

Apabila hasil pemeriksaan sampel kedua juga dinyalakan negatif, lanjut Iwan, maka ke 13 warga tersebut dinyatakan sembuh dan langsung diperbolehkan untuk melakukan aktifitas seperti biasa. “Namun apabila hasilnya nanti diantara mereka ada yang dinyatakan positif, maka isolasi akan kita lanjutkan,” terangnya.

Iwan menambahkan, bahwa selama dilaksanakannya isolasi mandiri, ke 13 warga tersebut tetap dalam pengawasan, baik itu dari pihak Puskesmas, Polsek, Koramil 402-09/Mesuji.

“Selama isolasi mandiri mereka tetap kita awasi dengan melibatkan beberapa tenaga kesehatan Puskesmas dan beberapa anggota Babinsa Ramil 402-09/Mesuji dan Babinkamtibmas Polsek Mesuji Induk,” tandasnya.

Komandan Koramil (Danramil) 402-09/Mesuji, Kapten Inf. Salamun, saat dikonfirmasi terkait kegiatan pengawalan tersebut mengatakan, bahwa sudah menjadi tugas pihaknya dalam membantu Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Ia mengaku, pihaknya sudah menerjunkan beberapa anggota Babinsa untuk membantu Tim Gugus Tugas dalam melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 ini. Bahkan, lanjut Danramil, di setiap posko penanggulangan, pihaknya bekerjasama dengan Polsek Mesuji dan beberapa tenaga medis Puskesmas Mesuji selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat, selalu mencuci tangan sehabis beraktifitas diluar, dan selalu menggunakan masker apabila akan melakukan aktifitas diluar guna memutus mata rantai penyebaran virus tersebut.

“Kita siap setiap saat dalam membantu pencegahan penyebaran virus ini. Kita ingin kehidupan kita normal kembali, untuk itu saya harap kepada seluruh masyarakat agar selalu mematuhi anjuran pemerintah dalam mencegahan penyebaran virus ini,” pungkasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here