Beranda HL Dokter Beri Layanan di Hari Libur, Keluarga Pasien Tersulut Emosi

Dokter Beri Layanan di Hari Libur, Keluarga Pasien Tersulut Emosi

27
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang/Ronal)
OKI,Beritakajang.com – Video viral tetang keluhan keluarga pasien operasi mata di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, pada Minggu, (19/5) ditanggapi manajemen RSUD Kayuagung dan dokter spesialis mata RSUD Kayuagung  dr. H. Ismi Wildani, S. PM.
.
Ditemui pada Senin, (20/5) Direktur RSUD Kayuagung, dr. Hj. Asri Wijayanti, M. Kes menjelaskan  bahwa komplain tersebut datang dari keluarga pasien Operasi Katarak dengan metode Pheco yang semestinya dilayani pada poli rawat jalan.
“Pasien sudah dijadwalkan operasi dihari Sabtu dan harus kontrol satu hari berikutnya yaitu dihari Minggu. Sehubungan dengan poli rawat jalan tutup di hari Minggu, maka pasien dialihkan ke bangsal tindakan untuk kontrol,” Jelas Asri.
Sebelum kejadian tambah dia, pasien telah dianjurkan perawat untuk menunggu dikamar 1 dan 3 yang telah disiapkan dan tidak ditelantarkan.
.
“Namun keluarga pasien ini dengan sengaja mengambil kasur dan mengajak beberapa pasien duduk dilantai langsung membuat video dan memviralkan kejadian” terangnya.
“Sementara kasur di bangsal diperuntukkan untuk  pasien rawat inap, sehingga salah jika kasur diletakkan dilantai karena ortunya adalah pasien rawat jalan”. Ujarnya.
.
Pada saat dokter spesialis mata datang untuk melakukan tindakan dan menjelaskan pasien sudah tidak berada ditempat tambahnya.
Pemeriksaan pasien jelas Asri untuk mengetahui ada tidaknya komplikasi paska operasi, perdarahan dan lainnya.
“Dokter spesialis mata tetap hadir di hari minggu yang merupakan hari libur dan semua pasien telah dilayani.” Terang dia.
Masuk Kerja di Hari Libur Demi Pasien
Dokter spesialis mata RSUD Kayuagung  dr. H. Ismi Wildani, S. PM. menegaskan bahwa tidak ada penelantaran  pasien. Bahkan, pada hari Minggu (19/5/2024), kemarin saat video viral tersebut direkam, ia masuk kerja di hari liburnya demi memeriksa pasien yang telah menjalani operasi katarak pada hari Sabtu.
“Tidak benar, tidak ada yang menelantarkan pasien, Bahkan di hari Minggu waktunya saya libur, saya rela masuk seperti biasa, dan semua itu demi pasien yang dioperasi katarak one day care di tanggal (18/5) sehingga saya suruh kontrol untuk cek hasil di hari Minggu (19/5).” Paparnya.
Ismi menjelaskan bahwa semua pasien yang datang pada hari Minggu tersebut telah diperiksa. Bahkan ia mengaku sudah berada di RSUD Kayuagung sebelum pukul 10.00 WIB dan menyelesaikan pekerjaannya memeriksa pasien.
Ismi membenarkan pasiennya tersebut dijadwalkan untuk datang pada hari Minggu pukul 09.00 WIB untuk kontrol. Namun, saat tiba di RSUD Kayuagung, keluarga pasien tersulut emosi. Padahal, menurut Ismi, ia hanya terlambat beberapa menit.
“Kemudian pembuat konten video emosi lalu menyuruh pasien duduk di lantai dan pasien lain juga keluar dari ruang poli lalu membuat video tersebut melakukan siaran langsung hingga viral,” jelas Ismi. “Padahal kursi disediakan dan ada pasien sudah diarahkan duduk di kursi.” Terang dia.
Pj Bupati OKI Cek Langsung
Mendengar keluhan warga yang viral di Medsos Pj. Bupati Asmar Wijaya langsung kroscek satu persatu kamar pasien rawat inap RSUD Kayuagung. dan menanyakan langsung dengan pasien yang sedang terbaring.
Asmar menjelaskan, semua pasien kamar sudah dimintai keterangannya. Untuk pelayanan dari pihak RSUD Kayuagung sendiri semuanya baik-baik saja dan permasalahan sudah diselesaikan.
“Mengenai video yang viral di Facebook tersebut, mungkin dia meluapkan kekesalannya menunggu dokter.” Pungkas Asmar
Asmar mengingatkan pentingnya komunikasi antar tenaga medis dan pasien. Dengan komunikasi dan sikap terbuka serta saling pengertian kejadian seperti ini menurutnya tidak perlu terjadi.(Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here