Beranda Banyuasin Imbauan Kapolres Banyuasin Selama Ramadhan: Dilarang Main Petasan dan Konvoi Kendaraan

Imbauan Kapolres Banyuasin Selama Ramadhan: Dilarang Main Petasan dan Konvoi Kendaraan

28
0
BERBAGI

Banyuasin, Beritakajang.com – Polres Banyuasin mengeluarkan sederet imbauan kepada masyarakat selama Ramadhan 1445 Hijriah. Salah satunya larangan bermain petasan atau mercon dan konvoi kendaraan.

Sederet imbauan tersebut dimaksudkan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Tidak bermain petasan atau bahan peledak lain yang dapat mengganggu ketertiban umum dan membahayakan diri sendiri maupun orang lain,” papar Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK, Rabu (13/3/2024).

Larangan berikutnya konvoi kendaraan menjelang sahur, menggunakan knalpot brong atau tidak sesuai standar, termasuk kebut-kebutan atau balapan liar. Warga juga diimbau menghindari pertemuan atau nongkrong-nongkrong yang bisa memicu tawuran atau perkelahian, khususnya para remaja.

“Lebih baik meningkatkan iman dan takwa dengan meninggalkan kegiatan yang tidak bermanfaat dan dapat mengurangi nilai ibadah puasa,” tegas Ferly.

Imbauan yang tak kalah penting adalah tetap menjaga toleransi dan saling menghargai, selalu mewaspadai terhadap segala jenis kejahatan, serta memastikan rumah dalam keadaan terkunci dan aman ketika ditinggalkan.

“Hal ini sebagai langkah preventif untuk mengurangi potensi tindak kriminal, serta menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif selama Ramadhan,” imbuh dia.

Sementara Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo menekankan bahwa semua bentuk pelanggaran akan mendapat sanksi, terutama balapan liar.

“Warga yang kedapatan melanggar akan dijatuhi sanksi berupa teguran atau tilang kalau yang terkait dengan lalu lintas,” tegas Sutedjo.

Disampaikannya juga, petasan atau mercon dapat mengganggu ketertiban umum, menyebabkan luka bakar, keracunan bahan petasan atau mercon, dan menimbulkan kebakaran. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here