Beranda Banyuasin Pj. Bupati Banyuasin Buka Muscab DPC HSNI Tahun 2023

Pj. Bupati Banyuasin Buka Muscab DPC HSNI Tahun 2023

119
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Pembukaan Musyawarah Cabang Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (Muscab DPC HNSI) Tahun 2023 dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam SH, bertempat di Gedung Danau Tanah Mas Kecamatan Talang Kelapa, Sabtu (9/12/2023).

Hani S. Rustam menjelaskan bahwa jika dilihat dari luas wilayah Banyuasin 12.262.75 Km2 dan perairan dengan luas laut 1.565.97 Km2, berdasarkan data statistik jumlah nelayan Banyuasin mencapai sekitar 17.000 orang. Sedangkan untuk hasil tangkapan laut berdasarkan data tahun 2022, Kabupaten Banyuasin menghasilkan 48,580 ton serta 10.684 ton untuk tangkapan perairan umum daratan (PUD). Hal ini menunjukkan betapa besar potensi perikanan di Kabupaten Banyuasin.

“Jadi jelas sekali peranan nelayan sangat penting di Banyuasin, untuk itu saya harapkan HNSI dapat menghasilkan terobosan baru dan dapat memperkuat kehidupan nelayan, hasil tangkapan dan ekosistem di perairan Banyuasin. Kami titip untuk menjaga kestabilan, keamanan, dan ekosistem lingkungan masing-masing. Dengan adanya Muscab, kita dapat merumuskan permasalah dan solusi. Ketua HNSI harus menyinergikan kepada pemerintah untuk dukungan kegiatan atau program yang ada di HSNI,” jelas dia.

“Saya juga mendapatkan laporan dari forum kades di perairan, di wilayah desa perairan terlihat gelombang lautnya, khawatir musim hujan turun bisa membanjiri desa-desa disekitarnya. Ini forum yang sangat baik dan strategis, jadi tempat para nelayan berbagi dan mencari solusi dalam beberapa permasalahan yang muncul,” jelasnya.

Dalam momen yang berbahagia ini, Pj. Bupati Banyuasin meminta agar masyarakat waspada adanya isu yang beredar terkait Pemilu.

“Saya titip melalui wadah HNSI untuk ikut menjaga kenyamanan, keamanan dan keadaan kondusif. Mendapatkan informasi melalui sosmed untuk hati-hati, lakukan filter agar tidak merugikan orang lain,” terang dia.

“Selamat atas Muscab, semoga menghasilkan kesepahaman, melakukan terobosan agar dapat meningkatkan kehidupan nelayan di Banyuasin, menjadi ajang untuk bersinergi, berkomunikasi dan berbagi pengalaman,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here