Beranda Ogan Komering Ilir Ketua Bawaslu OKI Imbau Parpol Peserta Pemilu Tak Pasang APK di Pohon

Ketua Bawaslu OKI Imbau Parpol Peserta Pemilu Tak Pasang APK di Pohon

92
0
BERBAGI
Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona. (Sumber Foto Beritakajang.com)

Kayuagung, Beritakajang.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKI mengimbau kepada seluruh partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 untuk tidak memasang alat peraga kampanye (APK) di pohon dan tempat-tempat yang dilarang.

Ketua Bawaslu OKI Romi Maradona menyoroti pelanggaran tersebut yang tidak hanya melanggar peraturan, tetapi juga berdampak negatif secara ekologis.

Menurut dia, pemasangan bahan kampanye di pohon melanggar ketentuan yang diatur dalam Pasal 70 Ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023.

Ia menekankan bahwa tindakan ini tidak hanya membahayakan aspek regulasi, tetapi juga dapat menyebabkan kerusakan ekologis pada pohon, menghambat fungsi fotosintesis, dan membuatnya kesulitan untuk memberikan kenyamanan kepada manusia yang beraktivitas disekitarnya.

“Saat melakukan kampanye, mari kita jaga lingkungan sekitar. Pohon adalah bagian penting dari ekosistem kita, dan kita harus melindunginya,” ungkap Romi Maradona, Kamis (7/12/2023).

Pihak Bawaslu OKI juga memberikan imbauan khusus kepada kontestan parpol untuk mengirimkan surat pemberitahuan kepada Polres, dengan tembusan kepada Bawaslu dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini dianggap sebagai langkah koordinasi yang diperlukan untuk menjaga transparansi dalam pelaksanaan kampanye.

Romi Maradona menegaskan, Bawaslu OKI akan melakukan pengawasan yang ketat terhadap kontestan Pemilu yang melanggar aturan kampanye.

“Kami akan secara melekat melakukan pengawasan terhadap kontestan yang melakukan kampanye, dan kita akan meminta surat tanda terima pemberitahuan (STTP) dari Polres. Jika tidak ada, maka kampanye tersebut dapat dibubarkan,” tandasnya.

“Imbauan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan kampanye berlangsung sesuai aturan dan tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan, sehingga proses pemilihan umum dapat berjalan dengan baik dan menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan keberlanjutan,” pungkas dia. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here