Beranda Banyuasin Antispasi Bencana, Ini yang Dilakukan Pemkab Banyuasin

Antispasi Bencana, Ini yang Dilakukan Pemkab Banyuasin

75
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Guna memastikan penanggulangan bencana tepat sasaran dan tidak berdampak luas, maka Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar rapat pengumpulan data penyusunan dokumen perencanaan penanggulangan bencana daerah tahun 2023-2027.

Rapat ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuasin Ir. Erwin Ibrahim ST MM MBA IPU Asean Eng, bertempat di ruang rapat Setda Banyuasin, Selasa (27/11/2023).

Sekda Erwin Ibrahim menyampaikan bahwa geografis Kabupaten Banyuasin ini merupakan tanah yang datar, sehingga bencana seperti gempa bumi dan gunung meletus Insya Allah tidak ada. Tetapi rawan dengan dua jenis bencana, yaitu kebakaran lahan saat kemarau, dan kebanjiran saat musim penghujan.

“Jadi bencana di Banyuasin ini relatif bisa diprediksi. Jadi rasanya kurang pas kalau kebakaran lahan dan banjir sampai berdampak luas bahkan ada korban. Oleh karena itu, Pemkab Banyuasin harus dapat menyikapi ini secara terencana dan terukur melalui dokumen perencanaan penanggulangan bencana ini sampai 5 tahun kedepan,” jelas dia.

“Penanggulangan bencana ini merupakan tanggung jawab bersama, baik pemda, TNI, Polri, perusahaan perkebunan dan multi stakeholder lainnya. Dan pencegahannya dimulai dari sekolah, rumah tangga sampai masyarakat. Jadi semua memiliki tanggung jawab dengan sektornya masing-masing,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here