Beranda Banyuasin Gaji Anggota Dewan Lebih Besar dari Bupati, Faktanya Lebih Kaya Siapa?

Gaji Anggota Dewan Lebih Besar dari Bupati, Faktanya Lebih Kaya Siapa?

263
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Banyak orang yang belum tahu jika gaji anggota dewan lebih besar dari pada gaji pokok Bupati. Berdasarkan informasi yang didapatkan, gaji pokok anggota DPRD Banyuasin ditaksir mencapai Rp 40 juta perbulan, sedangkan gaji pokok Bupati berkisar lebih kecil dari jumlah itu.

Tapi fakta yang ada, harta kekayaan Bupati lebih besar dan terus meningkat dari pada anggota dewan. Itu dilihat dari rilis Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan secara kasat mata fakta di lapangan.

Salah satu anggota DPRD Banyuasin yang menyebutkan dari mana harta kekayaan Bupati itu didapatkan. Padahal gaji pokoknya lebih kecil dari anggota dewan.

“Saya heran Bupati lebih kaya, apa hasil kekayaan yang didapat dari mana,” ujar salah satu anggota DPRD Banyuasin yang enggan disebutkan namanya kepada awak media, Ahad (26/11/2023).

Meskipun gaji anggota dewan lebih besar tapi pengeluaran juga lebih besar, sebab konstituen dan operasionalnya lebih banyak yang harus dikeluarkan.

“Kalau Bupati ada kebutuhan untuk biaya pertemuan dan lain-lain, banyak OPD yang membantu, itu bedanya,” terangnya.

Hanya ia tidak merinci besaran setiap kali ada pertemuan dengan konstituen dan operasional yang menjadi kebutuhan partai.

“Kadang diluar dugaan, besaran biayanya, sehingga membuat anggota dewan menguras kocek di kantong sendiri,” bebernya.

Sejauh ini ia melihat dari postur APBD yang dibelanjakan, lebih banyak kegiatan proyek dari pada operasional pemerintah. Kenapa alasannya?.

“Iya, mungkin disitulah faktanya, perlu diamati sendiri,” pungkasnya.

Seperti diketahui, harta kekayaan mantan Bupati Banyuasin Askolani tercatat mencapai Rp 23.871.657.239. Angka tersebut berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan pada periode 31 Desember 2021.

Sedangkan harta kekayaan Ketua DPRD Banyuasin Irian Setiawan tercatat di data e-lhkpn yang dikeluarkan KPK pada tahun 2021 memiliki total harta sebesar Rp 3.206.000.000. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here