Beranda Palembang Program Unggulan Pembangunan 100 Tangki Septik HILS Swakelola Kodim 0418/Palembang Bekerjasama Pemkot...

Program Unggulan Pembangunan 100 Tangki Septik HILS Swakelola Kodim 0418/Palembang Bekerjasama Pemkot Palembang

69
0
BERBAGI
Pengecekan 100 tangki septik oleh Komandan Pusat Teritorial (Puster) Angkatan Darat Letjen TNI Teguh Muji Angkasa SE MM yang didampingi Pj. Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa M.Si, dan Kolonel Czi. Arief Hidayat M.Han, Dandim 0418/Palembang, Kadis PUPR Ir. H. Akhmad Bastari ST MT IPM ASEAN Eng. (Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Kunjungan kerja Komandan Pusat Teritorial (Puster) Angkatan Darat Letjen TNI Teguh Muji Angkasa SE MM d ilokasi program unggulan pembangunan 100 tangki septik hibah air limbah (HALS), swakelola Kodim 0418 Palembang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pelembang, yang digelar di Jalan Swakarsa Kelurahan Kemang Agung Kecamatan Kertapati Kota Palembang, Rabu (15/11/2023).

Kegiatan tersebut turut hadir Pj. Walikota Palembang Drs. H. Ratu Dewa M.Si, Brigjen TNI Ruslan Effendy SIP, Kasdam ll/Sriwijaya, Katim Danpusterad Kolonel Kav Zubaedi S.Sos MM. Aster Kasdam ll/Sriwijaya Kolonel Czi. Arief Hidayat M.Han, Dandim 0418/Palembang, Kadis PUPR Ir. H. Akhmad Bastari ST MT IPM ASEAN Eng, Kepala Bidang, Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA), Irigasi dan Banjir pada Dinas PUPR Kota Palembang Ir. R A Marlina Sylvia ST M.Si M.Sc IPM ASEAN.Eng.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan secara simbolis 100 MCK, pembagian sembako, serta meninjau secara langsung bangunan 100 MCK di salah satu rumah warga oleh Letjen TNI Teguh Muji Angkasa didampingi Drs. Ratu Dewa beserta jajarannya.

Letjen TNI Teguh Muji Angkasa mengatakan, sebagai Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat mempunyai fungsi tugas pokok diantaranya adalah bagaimana kegiatan teritorial diseluruh wilayah Indonesia yang dilakukan angkatan darat bisa berjalan sesuai dengan kebijakan pimpinan.

“Saya pikir ini merupakan salah satu kolaborasi yang sangat luar biasa antara pemerintah daerah dalam hal ini Pj. Walikota Palembang dengan Kodim guna untuk membantu kegiatan masyarakat, karena memang apapun yang kita lakukan seorang pejabat pemerintah daerah paling bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakatnya,” katanya.

Lanjut Letjen TNI Teguh Muji Angkasa menjelaskan, kegiatan ini sangat bagus dan harus ditingkatkan untuk program-program yang lain, karena memang TNI khususnya Angkatan Darat memiliki kepentingan untuk terus membantu pemerintah daerah.

“Kami memiliki tugas untuk membantu mempercepat proses tersebut, sehingga kepala daerah dalam hal ini walikota tidak mengalami kesulitan untuk melakukan program-program, khususnya dalam rangka terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Pj. Walikota Palembang Ratu Dewa mengungkapkan, ada tiga hal yang ingin disampaikan pada kesempatan pada hari ini, diantaranya pertama ini adalah program yang sifatnya kerjasama antara Kodim dan Pemerintah Kota Palembang dalam rangka pemasangan 100 septic tank di Kelurahan Kemang Agung, dimana selama ini pembuangan airnya sembarangan.

“Kedua, dengan pemasangan ini, Insya Allah sudah menjadi 100 persen untuk kita sebagai kota sehat sebagai salah satu persyaratan untuk bisa mengikuti lomba kota sehat. Selama ini kita sudah di grade tingkat 2, dan sekarang kita bisa ikut lomba kota sehat di grade yang pertama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ratu Dewa menuturkan, ketiga ini akan menjadi percontohan karena Pemkot Palembang berkolaborasi dengan TNI.

“Jadi kita menyiapkan anggarannya dan yang bekerja itu prajurit-prajurit TNI, ini akan menjadi percontohan, dan nanti setelah kita koordinasi dengan pihak Kementerian sebagai sumber tenaga kerja, pekerjaannya semua dibantu oleh prajurit-prajurit TNI,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Irigasi dan Banjir pada Dinas PUPR Kota Palembang Marlina Sylvia menambahkan, HILS ini memiliki keunggulan secara teknis berupa pengolahan, biopor, dan zat pabrikasi yang langsung bisa diolah di dalam dan keluarnya menjadi air bersih.

“Dengan telah dibangunnya 100 MCK HILS ini Kota Palembang bisa mengikuti perlombaan lomba kota sehat, mengubah kebiasaan masyarakat yang biasanya buang air tinja ke selokan dan sungai tidak lagi, dan lingkungan menjadi bersih karena sudah diolah menjadi air bersih. Untuk daya tampung septic tanknya 800 liter, itu bisa bertahan sampai 10-20 tahun dan dilakukan penyedotan 3-5 tahun,” pungkasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here