Beranda OKI Madira Iskandar Dinobatkan Sebagai Bupati Peduli Petani Sawit

Iskandar Dinobatkan Sebagai Bupati Peduli Petani Sawit

67
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Ronald)

Kayuagung, Beritakajang.com – Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) H. Iskandar SE dinobatkan sebagai bupati yang peduli kepada para petani sawit.

Penghargaan itu diberikan oleh PT Sampoerna Agro atas dukungan Bupati Iskandar kepada industri kelapa sawit dan kesejahteraan petani melalui program replanting terluas di Indonesia.

Regional Head (RH) PT Sampoerna Agro, Eldy Nuzan mengatakan, dukungan Bupati OKI kepada industri kelapa sawit dan kesejahteraan petani melalui replanting sawit rakyat sangat besar.

“Ada 59.000 hektare lahan replanting di Sumatera Selatan, 27.000 ha berada di Kabupaten OKI, 11.000 ha sudah dikerjakan oleh Sampoerna Agro atau 18 persen dari kalkulasi nasional, ini jadi yang terluas secara nasional,” ujarnya di Kebun Aek Tarum Mesuji OKI, Kamis (19/10/2023).

Untuk mendapatkan program ini, kata Eldy, tidak mudah mengingat regulasi dan persyaratan yang ketat.

“Sebuah bentuk kesungguhan Bupati OKI untuk menyejahterakan warganya, khususnya para petani kelapa sawit,” terang Eldy.

Atas upaya Bupati OKI, Sampoerna Agro bersama seluruh petani plasma binaannya memberikan apresiasi kepada Bupati OKI. Menurut Eldy, Sampoerna Agro berkomitmen mendukung pemerintah, salah satunya di bidang pendidikan.

“Sekolah yang kita dirikan di Pedamaran Timur OKI siswanya berprestasi tidak hanya tingkat nasional, bahkan mampu juarai kompetisi matematika internasional,” terang dia.

Sementara Bupati Iskandar menyebut perkebunan kelapa sawit jadi sektor andalan penopang perekonomian masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Upaya ekstensifikasi, intensifikasi perkebunan kelapa sawit, menurut dia, merupakan komitmen bersama pemerintah, swasta dengan masyarakat petani.

“Kita memperjuangkan sawit rakyat yang tadinya non produktif agar lebih produktif. Hasilnya per hari ini sudah 36 ribu Ha sawit rakyat di replanting untuk memperbaiki taraf hidup masyarakat,” ujar dia.

Iskandar mengatakan komitmen untuk kolaborasi harus terus diperkuat guna membangun OKI yang berkelanjutan.

“Banyak sumbangsih Sampoerna Agro kepada daerah ini, dan kerja sama yang baik ini agar terus terjaga untuk pembangunan OKI yang lebih maju,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan apresiasi kepada kelompok tani berprestasi komoditi ternak sapi, kelompok tani berprestasi komoditi ternak kambing, kelompok tani berprestasi komoditi ternak ayam, petugas reproduksi berprestasi dalam pelaksanaan inseminasi buatan, petugas reproduksi berprestasi dalam pelaksanaan transfer embrio (TE), medik veteriner berprestasi, serta P2PT3 berprestasi. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here