Beranda Banyuasin Kapolres Banyuasin Hadiri Ekspose Hasil Inventarisasi Pengukuran Tanah Aset PT Pertamina

Kapolres Banyuasin Hadiri Ekspose Hasil Inventarisasi Pengukuran Tanah Aset PT Pertamina

70
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Pirman)

Banyuasin, Beritakajang.com – Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK menghadiri acara ekspose hasil inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.

Acara tersebut berlangsung di Ballroom Hotel Arista Jalan Kapten A. Rivai Sungai Pangeran Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, Senin (16/10/2023).

Hadir juga dalam kegiatan ini Pj. Bupati Banyuasin Hany Syopiar Rustam SH, Kasat Intelkam Polres Banyuasin dan Kanit Ekonomi Polres Banyuasin, Dandim 0430/Banyuasin, perwakilan dari Kejari Banyuasin, Sekda Banyuasin beserta staf, serta Kepala BPN Banyuasin beserta staf.

Kemudian hadir juga Kabag Tapem Banyuasin, Asisten Pemerintahan dan Setda Banyuasin, Kepala Bappeda dan Litbang Banyuasin, Kadis PUPR Banyuasin, Kadis Perkimtan Banyuasin, Kadis PMD Banyuasin, Kabag Hukum Setda Banyuasin, VP Asset Optimization and Deployment PT Pertamina (Persero).

Selanjutnya hadir Manager PT Pertamina Kecamatan Banyuasin I beserta staf (bagian aset), Camat Banyuasin I beserta staf, Kapolsek Mariana beserta Kanit Intelkam dan anggota, Kasi Trantib Kecamatan Banyuasin I, Lurah Mariana Kecamatan Banyuasin I, Kades Sei Rebo Kecamatan Banyuasin I, Kades Sei Gerong Kecamatan Banyuasin I, serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ekspose hasil Inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I tersebut dipaparkan langsung oleh Kepala BPN Banyuasin, yang mana sebelumnya kegiatan Inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina tersebut telah dilakukan pada tanggal 16 sampai 23 Agustus 2023 lalu.

Ekspose hasil Inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I dilaksanakan oleh Tim Terpadu Kabupaten Banyuasin, Tim Terpadu Kecamatan Banyuasin I, Tim Satgas Terpadu Desa/Kelurahan dan RT, serta pengamanan dari Polsek dan Koramil Mariana.

Kegiatan ekspose hasil inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I tersebut juga berlangsung atas dasar permohonan dari PT Pertamina tentang permohonan pengukuran dan sertifikasi tanah PT Pertamina di Kabupaten Banyuasin dengan nomor : 213 / I10330 /2023/SO.

Adapun paparan hasil Inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin itu yang disampaikan langsung oleh Kepala BPN Kabupaten Banyuasin. Dimana hasil inventarisasi yakni jumlah bidang SHGB No 1 Desa Sungai Gerong 10 Bidang, SHGB No 3 Kelurahan Mariana 33 Bidang, SHGB No 5 Desa Sungai Gerong 333 Bidang, SHGB No 7 Kelurahan Mariana 79 Bidang, Desa Sei Gerong 573 Bidang, Desa Sei Rebo 65 Bidang 717 Bidang, total 1.093 Bidang.

Setelah dilakukan paparan oleh Kepala BPN Banyuasin dan sesi tanya jawab, selanjutnya dilakukan penyampaian dan masukan oleh Pj. Bupati Banyuasin serta dibuatkan berita acara. Adapun isi dari berita acara yaitu proses permohonan HGB PT Pertamina (persero) di Kecamatan Banyuasin menunggu keputusan Menteri ATR/BPN.

Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK menyampaikan bahwa Kepala Kantor Pertanahan Banyuasin dan pihak PT Pertamina (persero) segera melengkapi persyaratan untuk selanjutnya Kepala Kantor Pertanahan Banyuasin menyampaikan laporan hasil inventarisasi dan pengukuran kepada Kakanwil BPN Provinsi Sumsel paling lambat tanggal 18 Oktober 2023.

“Kakanwil BPN Provinsi Sumsel akan melakukan verifikasi dan validasi hasil pengukuran yang dilakukan oleh BPN Kabupaten Banyuasin dan menyampaikan kepada Menteri ATR / BPN paling lambat tanggal 23 Oktober 2023,” kata Kapolres.

Bupati Banyuasin bersama Forkopimda, Kanwil BPN Provinsi Sumsel, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Banyuasin dan PT Pertamina (persero) akan melakukan audiensi dengan Menteri ATR/BPN untuk menyampaikan aspirasi serta mendapatkan arahan dan solusi terkait permohonan HGB PT Pertamina (persero) yang direncanakan pelaksanaannya pada minggu ke empat bulan Oktober 2023.

“Berita acara ekspose hasil inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin telah disepakati bersama dan dilakukan penandatanganan secara berjenjang oleh tamu undangan dan pihak terkait,” jelas dia.

Kegiatan tersebut berlangsung atas dasar surat undangan dari Pj. Bupati Banyuasin No : 005/3182/I/2023 perihal ekspose hasil inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.

Berlangsungnya kegiatan ekspose hasil inventarisasi dan pengukuran tanah aset PT Pertamina di wilayah Kecamatan Banyuasin I ini merupakan kegiatan paparan hasil inventarisasi yang disampaikan langsung oleh Kepala BPN Kabupaten Banyuasin.

Mengingat kegiatan pengukuran inventarisasi aset tanah PT Pertamina di Kecamatan Banyuasin I telah selesai dilakukan dan hasil Inventarisasi juga telah dipaparkan langsung oleh Kepala BPN Banyuasin, tidak menutup kemungkinan hasil tersebut juga telah ditunggu dan dinanti oleh masyarakat Kecamatan Banyuasin I yang terdampak inventarisasi.

“Perlu kiranya Camat Banyuasin I secara berjenjang lakukan sosialisasi dan penyampaian yang positif kepada masyarakat Kecamatan Banyuasin I, sebelum adanya berita hoax atau berita bohong yang timbul ditengah masyarakat terkait hasil paparan tersebut,” pesan dia.

“Tidak menutup kemungkinan adanya oknum provokator yang menghasut masyarakat Kecamatan Banyuasin I untuk melakukan aksi unjuk rasa dan memperkeruh keadaan hingga menimbulkan konflik ditengah masyarakat terkait inventarisasi lahan Aset PT Pertamina,” jelas dia.

Untuk itu langkah – langkah yang dilakukan yaitu Unit Intelkam Polsek Mariana telah melakukan pulbaket dan dibuatkan laporan terkait kegiatan rapat pembahasan persiapan pengukuran dan inventarisasi aset tanah PT Pertamina di Kecamatan Banyuasin I Kabupaten Banyuasin.

“Kiranya Kapolsek Mariana memerintahkan Bhabinkamtibmas untuk melakukan sambang dan imbauan kepada masyarakat Kecamatan Banyuasin I guna meminimalisir serta mendeteksi sedini mungkin terhadap potensi konflik yang akan terjadi pasca kegiatan pengukuran dan inventarisasi aset tanah PT Pertamina di Kecamatan Banyuasin I,” pungkas dia. (Pirman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here