Beranda Palembang Budidayakan Ikan Belida, PGRI Palembang Jalin Kerjasama dengan PT Kilang Pertamina Unit...

Budidayakan Ikan Belida, PGRI Palembang Jalin Kerjasama dengan PT Kilang Pertamina Unit lll Plaju dan BRIN

146
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com.Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) Universitas PGRI Palembang berkolaborasi dengan Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju kembangan teknologi reproduksi dan pelestarian sumber daya ikan belida.

Launching konservasi ex situ ikan belida ini dilaksanakan di Kampus C PGRI Palembang Kecamatan Sematang Borang Palembang, Rabu (27/9/2023) pagi.

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Provinsi PGRI Sumsel H. Ahmad Zulinto S.Pd MM, Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP DR. Hj. Meilia Rosani SH MH, Rektor Universitas PGRI Palembang Assoc Prof. Dr. H. Bukman Lian MM MSI CiQaR, Area Manager Comm Rel and CSR Pertamina Siti Rachmi Indah Sari, dan Pusat Riset Konservasi Sumber Daya Laut dan Perairan Darat (BRIN) Dr. Boby Muslimin.

Ahmad Zulinto mengatakan, hari ini pihaknya melaunching konservasi pembudidayaan ikan belida yang merupakan ikan langka, bersama BRIN dan PT Kilang Pertamina.

“Ini wujud mimpi dan bangga kami, dipercaya PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju dengan memberikan CSR kepada Universitas PGRI. Dan dari BRIN juga memberi langkah – langkah yang harus kita wujudkan, sehingga pembudidayaan ikan belida bisa kita lestarikan kembali,” ujarnya usai kegiatan.

Di tempat sama, Dr. Boby Muslimin mengatakan, tantangan dalam proses pemindahan ikan belida antar pulau dalam durasi lebih 24 jam harus dilakukan pengaturan yang tepat.

“Karena dalam proses pemindahan itulah ikan belida akan rentan mati, oleh karena itu ada ruangan karantina khusus,” katanya.

Untuk pengembangan ikan menghasilkan telur masih menjadi PR untuk dikembangkan saat ini.

“Bisa dengan diberikan suplemen dan lainnya yang sesuai, sehingga untuk masa kehamilan ikan belida atau menghasilkan telurnya diharapkan bisa dalam satu tahun itu dua atau tiga kali,” jelasnya.

(Sumber Foto Beritakajang.com.Andre)

Area Manager Comm Rel and CSR Pertamina, Siti Rachmi Indah Sari mengatakan, kerjasama pihaknya hanya dimulai di tahun ini dengan Universitas PGRI Palembang.

“Tahun sebelumnya kita telah kerjasama dalam penyusunan kurikulum untuk buku cinta belida dan tanggap bencana yang disosialisasikan untuk anak – anak usia sekolah,” katanya.

Lanjut dia, ada sekitar 100 bibit indukan ikan belida yang dicoba untuk konservasi tersebut.

“Untuk di Universitas PGRI Palembang ini ada sekitar 52 ekor bibit indukan ikan belida yang siap diteliti dan konservasi. Selebihnya kita titipkan kepada BRIN di daerah Cibinong. Jadi memang dua lokasi tersebut akan menjadi pusat penelitian oleh teman di BRIN untuk sama – sama kita mengembangbiakkan melakukan penelitian, seperti apa cara – cara paling efektif untuk bisa ikan belida berkembang biak,” jelasnya.

Masih kata Siti menjelaskan, mengapa kerjasama dengan universitas PGRI Palembang dalam membudidayakan ikan belida, karena lokasi PT Kilang Pertamina berada di Palembang.

“Belida merupakan icon Kota Palembang, sehingga kami terpanggil untuk bisa ikut turut mengembangbiakkan ikan belida ini sehingga nantinya tidak masuk lagi dalam daftar ikan langka,” ujarnya.

(Sumber Foto Beritakajang.com.Andre)

Rektor Universitas PGRI Palembang Bukman Lian mengatakan, kerjasama PGRI Palembang dengan BRIN serta Pertamina ini untuk membudidayakan ikan belida dan melakukan penyelamatan.

“Dosen-dosen di Fakultas Perikanan Universitas PGRI Palembang 100 persen adalah dosen yang memiliki kemampuan kompetensi untuk melakukan penelitian, pengabdian kepada masyarakat, pengembangan ilmu pengetahuan, dibuktikan dengan kerjasama bahwa metode apa saja untuk belida ini dengan BRIN,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua BPH PB PGRI pada UPGRIP Meilia Rosani mengatakan, budidaya dan melestarikan ikan belida ini tidak bisa dilakukan hanya sendirian oleh satu pihak.

“Saya berkeinginan bagi mahasiswa dan dosen lebih intens lagi dalam penelitian, apalagi sudah difasilitasi oleh rekan kerja kita dari BRIN dan Pertamina,” tutupnya. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here