Beranda OKI Madira All Out Tangani Karhutla, OKI Tambah Posko Siaga

All Out Tangani Karhutla, OKI Tambah Posko Siaga

87
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Kominfo OKI)

Kayuagung, Beritakajang.com – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Karhutla Kabupaten OKI terus bekerja maksimal dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Penanganan akan lebih ditingkatkan dengan menambah posko siaga di titik rawan karhutla.

“Kepada seluruh jajaran agar bekerja all out, semaksimal mungkin dalam menangani masalah karhutla, tambah posko-posko siaga,” ujar Kapolda Sumsel Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo SIK saat meninjau kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Pedamaran OKI, Sabtu (16/9/2023).

Dalam penanganan karhutla, Kapolda mengingatkan agar tidak bekerja sendiri-sendiri, namun penanganan dilakukan secara kolektif agar kasus karhutla dapat diselesaikan dengan baik.

“Kuatkan kerjasama antar stakeholder dari pemerintah daerah, BPBD, BMKG, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan perusahaan,” tegas dia.

Sebelumnya saat melakukan pemantauan titik api melalui udara, Kapolda menemukan sejumlah kebakaran lahan di Desa Jungkal Kecamatan Pampangan, Desa Sukadamai Kecamatan Pedamaran, Kelurahan Kedaton Kayuagung dan Desa Jerambah Rengas Kecamatan Tulung Selapan.

Sementara Bupati OKI H. Iskandar SE mengatakan, pemkab sebelumnya telah menaikkan status penanganan karhutla dari siaga menjadi tanggap darurat.

“Status ini agar kita semakin all out dari segala lini, baik dari upaya pencegahan, penanganan di lapangan maupun dari segi pendanaan,” terang Iskandar.

Kabupaten OKI dengan kawasan gambut terluas di Sumsel, ujar Iskandar, menjadi tantangan dalam penanganan karhutla tersebut.

“Yang terbakar ini lahan luar konsesi perusahaan maupun kawasan hutan dan gambut, sehingga sulit dipadamkan,” ujarnya.

Namun demikian, tambah dia, sebagaimana telah disepakati, 3 sampai dengan 5 KM area konsesi masih menjadi tanggung jawab perusahaan untuk menjaganya.

Iskandar menambahkan, konsentrasi titik api di OKI saat ini berasal dari lima kecamatan antara lain, Pampangan, Pangkalan Lampam, area Sepucuk Kayuagung, Pedamaran dan Tulung Selapan. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here