Beranda Palembang Satlantas Polrestabes Palembang Launching Sirkuit Ujian Praktek SIM Bentuk S

Satlantas Polrestabes Palembang Launching Sirkuit Ujian Praktek SIM Bentuk S

118
0
BERBAGI
(Sumber Foto Beritakajang.com/Andre)

Palembang, Beritakajang.com – Satlantas Polrestabes Palembang launching sirkuit ujian praktek SIM roda dua (motor), Kamis (10/8/2023), di Mapolrestabes Palembang.

Selain langsung melakukan uji sirkuit dengan sepeda motor, Dirlantas Polda Sumsel Kombes Pol. M. Pratama A. SH SIK MH juga melakukan pemotongan pita bersama Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Harryo Sugihhartono.

“Hari ini kita launching bersama Kapolrestabes Palembang secara resmi, sarana untuk kegiatan ujian praktek roda dua,” ujar Kombes Pol. M. Pratama.

Dijelaskannya, ada beberapa item yang harus diperhatikan disini. “Kita harus menguasai teknik mengemudikan kendaraan yang berkeselamatan, bagaimana pengereman berkeselamatan, dan beberapa rambu yang harus dipatuhi sehingga SIM ini adalah bagian dari pada kompetensi,” jelas dia.

Sambung Kombes Pol. M. Pratama mengatakan, kompetensi pada saat kegiatan berlalu lintas di jalan tentunya akan berkeselamatan untuk pengemudi sendiri atau orang lain.

“Arahan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan sudah ditindaklanjuti Kakorlantas yang mengeluarkan surat keputusan satu pekan lalu, sehingga wilayah Polda Sumsel serta jajaran mulai saat ini sudah siap melaksanakan kegiatan uji praktek roda dua dari yang lama berbentuk angka 8 menjadi sirkuit mini berbentuk S,” katanya.

Lanjut dia, sirkuit ini dilengkapi dengan rambu-rambu yang asumsinya sama dengan di jalan pada umumnya.

“Kita harapkan masyarakat yang sudah mendapat sertifikasi kelulusan, diharapkan pengemudi ini akan mahir dan berlalu lintas yang berkeselamatan di jalan. Pelaksanaan uji praktek ini dilakukan dari hari ini dan seterusnya, tentunya tidak akan mempersulit pemohon SIM,” tutupnya.

Di tempat sama, Kapolrestabes Palembang Kombes Pol. Harryo Sugihhartono mengatakan, launching sirkuit mini dan dicoba langsung, dalam rangka untuk mempraktekan ujian SIM roda dua.

“Tentunya sirkuit mini ini akan mempermudah dari pemohon SIM ke depan, sehingga ujian praktek yang dahulu angka 8 dan zig-zag tidak berlaku lagi. Kita juga sudah melakukan survey dan kajian bentuk sirkuit mini, sehingga akan lebih meringankan kemampuan dari pada calon pemohon SIM, sehingga ujian praktek dapat dilalui dengan baik, yang juga sudah dikaji sesuai di jalan raya umumnya,” tutup dia. (Andre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here