Beranda Musi Rawas Utara Paripurna DPRD Muratara, Bupati HDS Sampaikan Raperda Pertanggung Jawaban APBD Tahun 2022

Paripurna DPRD Muratara, Bupati HDS Sampaikan Raperda Pertanggung Jawaban APBD Tahun 2022

108
0
BERBAGI
Situasi paripurna DPRD Muratara. (Sumber Foto Beritakajang.com/Hamkam)

Muratara, Beritakajang.com – Ketua DPRD Muratara Efriansyah mengatakan hari ini pihaknya melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian Raperda tentang pertanggung jawaban APBD Muratara tahun anggaran 2022 oleh Bupati H. Devi Suhartoni (HDS), Selasa (16/5/2023).

“Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Muratara  dalam memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang keenam kali secara berturut-turut. Semoga dapat terus dipertahankan,” ucap Efriansyah.

Sementara itu, Bupati Muratara H. Devi Suhartoni (HDS) menjelaskan bahwa ini merupakan bagian dari siklus rutin penyelenggaraan pemerintah daerah yang disajikan secara transparan dan akuntabel.

“Adapun rancangan Perda pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 terdiri dari laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, neraca daerah, laporan arus kas serta catatan atas laporan keuangan,” ungkap Bupati HDS.

Selanjutnya, kata dia, anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Muratara tahun anggaran 2022 terdiri atas pendapat, belanja dan pembiayaan daerah.

“Nah dalam penyelenggaraannya, Pemkab Muratara sudah banyak melakukan pembangunan diantaranya di bidang infrastruktur ada pembangunan jalan dan jembatan, di bidang kesehatan kita juga fokus dalam penurunan stunting yang sudah mengalami penurunan peringkat 5 tertinggi di Provinsi Sumsel,” tegas dia.

“Untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang kesehatan, RSUD Rupit saat ini sudah memiliki 2 orang dokter bedah, 2 orang dokter penyakit dalam, 3 orang dokter kebidanan, 2 orang dokter anak, 1 orang dokter kulit serta fasilitas ICU dan operasi 24 jam,” tambah dia.

“Sementara untuk bidang pendidikan ada pemberian bantuan seragam sekolah, pelaksanaan program bantuan sosial lansia dan kematian, pemberian bantuan UMKM kepada masyarakat, program pembukaan lahan terlantar, bantuan rumah tidak layak huni, serta banyak program lain yang sudah Pemkab Muratara berikan kepada masyarakat,” pungkas dia. (HKM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here