Beranda Palembang Jelang Ramadhan, Kadisdag Kota Palembang Pastikan Harga dan Pasokan Sembako Aman

Jelang Ramadhan, Kadisdag Kota Palembang Pastikan Harga dan Pasokan Sembako Aman

125
0
BERBAGI
Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang M. Raimon Lauri AR saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Senin (13/2/2023). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Mengingat tingginya permintaan sembako di bulan Ramadhan mendatang, Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kota Palembang M. Raimon Lauri AR menyampaikan, pihaknya telah melakukan monitoring untuk ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar tradisional maupun pasar modern serta distributor lainnya.

Ia juga menjelaskan, untuk ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar dan distributor sejauh ini masih tetap aman, dan masih bisa mencukupi kebutuhan masyarakat pada saat di bulan puasa nanti.

“Untuk harga bahan pokok sendiri saat ini masih seimbang. Memang ada beberapa harga komoditas yang naik, akan tetapi ada juga yang turun karena banyaknya permintaan dari konsumen, contohnya minyak goreng,” kata Raimon saat diwawancarai awak media di ruang kerjanya, Senin (13/2/2023).

Lanjut Raimon mengungkapkan, saat ini ketersediaan minyak kemasan masih ada dengan berbagai merek dan harga yang berpariasi. Namun ada beberapa pasokan yang kurang, salah satunya seperti minyak goreng Kita.

“Hal seperti inilah yang ingin kita dorong, untuk para produsen terutama distributor bisa memberikan minyak goreng Kita ini kepada para agen, agar dapat menstabilkan harga. Ini merupakan salah satu langkah kita untuk menstabilkan harga minyak goreng di pasar-pasar,” ungkapnya lagi.

Raimon juga menuturkan, sedangkan untuk komoditas lain seperti ayam dan telur harganya masih stabil. Namun, menjelang bulan suci Ramadhan mungkin akan ada kenaikan harga, tapi tidak terlalu tinggi. Mengingat permintaan dominan tinggi hal inilah yang kemungkinan akan terjadinya kenaikan.

“Sedangkan permintaan untuk telur dan ayam pada saat di bulan suci Ramadhan nanti juga cukup tinggi, kami harapkan kepada para distributor telur dan ayam untuk menambah pasokannya, sehingga permintaan dapat terpenuhi dan harganya bisa stabil,” ucap Raimon.

Ia juga berharap kepada masyarakat Kota Palembang, khususnya ibu-ibu jangan khawatir dalam kebutuhan bahan pokok jelang Ramadhan sampai hari raya Idul Fitri.

“Kami pastikan bahan pokok itu tetap aman. Dan kita akan pastikan juga harga sembako di pasar-pasar tradisional akan tetap stabil. Saya berharap kepada para distributor untuk menambah pasokan,” harap dia.

“Kita juga akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan di pasar-pasar tradisional dan distributor dengan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polresta setempat, Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Palembang, dan didukung oleh Satgas Pangan,” pungkasnya. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here