Beranda Palembang Peringati HKN ke-58, Gubernur Sumsel Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

Peringati HKN ke-58, Gubernur Sumsel Imbau Masyarakat Tetap Jaga Pola Hidup Sehat

108
0
BERBAGI
Sambutan Gubernur Sumsel Herman Deru saat peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-58 tahun 2022, bertempat di halaman lapangan Patra Jalan DI Panjaitan Tangga Takat Kecamatan Seberang Ulu II Palembang, Senin (28/11/2022). (Sumber Foto Beritakajang.com/Daud)

Palembang, Beritakajang.com – Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022 mengangkat tema ‘Bangkit Indonesiaku Sehat Negeriku’, dilaksanakan di halaman lapangan Patra Jalan DI Panjaitan Tangga Takat Kecamatan Seberang Ulu II Kota Palembang, Senin (28/11/2022).

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengatakan, HKN ini merupakan salah satu warning bagi masyarakat, dimana pentingnya kesehatan bagi diri mereka. Ini merupakan salah satu bagian dari promotif. Tugas berikutnya preventif, bagaimana menjaga masyarakat agar tetap sehat, mulai dari sanitasi dan pola makan.

“Kita jangan hanya bicara terus-terusan pengobatan, meskipun pengobatan ini sangat penting, akan tetapi kita dahulukan juga yang namanya pencegahan agar tidak terjadi sakit. Apalagi sakit yang membutuhkan waktu yang lama dan dengan biaya yang besar,” ujanya.

Lanjut Deru menjelaskan, jadi dibalik itu semua jawabannya hanya satu yakni dengan cara menjaga pola hidup sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumsel, Trisnawarman menerangkan, dalam HKN tersebut melibatkan 25 stan kesehatan dari rumah sakit, loka kesehatan tradisional masyarakat (LKTM), Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan gabungan fasilitas kesehatan di Dinas Kesehatan.

“Disamping itu juga dalam peringati HKN pada hari ini kita adakan sunatan massal. Pemeriksaan IFA diperuntukan untuk memeriksa kanker leher rahim untuk ibu-ibu, donor darah, serta pelayanan pisoterapy. Semua pelayanan kesehatan kita adakan disini,” jelasnya.

Trisnawarman berharap agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga dan masyarakat dengan cara cek kesehatan rutin, bergerak untuk olahraga teratur dan makan makanan gizi seimbang. (MD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here