Beranda Uncategorized Humas PRO Zona4 Berikan Jawaban Ngawur Terkait Konfirmasi Kebocoran Pipa Pertamina

Humas PRO Zona4 Berikan Jawaban Ngawur Terkait Konfirmasi Kebocoran Pipa Pertamina

284
0
BERBAGI
(Sumber Foto IWO)

Prabumulih, Beritakajang.com – Terkait pesan konfirmasi dari tim media online melalui pesan WhatsApp (WA) yang dilayangkan kepada pihak humas dan juga pimpinan PT. Pertamina di Kota Prabumulih, terkait temuan tim media online di lapangan perihal kebocoran pipa line PT. Pertamina di wilayah Dusun 3 Desa Gunung Raja Kecamatan Empat Petulai Dangku Muara Enim Sumsel yang terjadi hari Jumat (15/7) beberapa hari yang lalu.

Adapun dugaan dampak akibat yang ditimbulkan akibat kebocoran pipa tersebut diantaranya menimbulkan bau yang menyengat di aliran sungai, diduga diakibatkan oleh cairan dari pipa yang bocor tersebut dan menyebabkan kematian beberapa jenis habitat yang ada di sungai.

Berdasarkan temuan diatas, maka tim sepakat untuk melayangkan pesan konfirmasi kepada pihak humas dan pimpinan PT. Pertamina di Prabumulih, Kamis (21/7), lewat pesan konfirmasi melalui WA dengan 8 pertanyaan guna melengkapi isi pemberitaan yang akan dimuat di media online.

Adapun 8 pertanyaan konfirmasi yang dilayangkan lewat pesan WA kepada pihak humas dan pimpinan PT. Pertamina yaitu sebagai berikut:

  1. Siapa yang paling bertanggung jawab di area operasi wilayah Gunung Raja.
  2. Jenis cairan apa yang mengalir dari pipa bocor ke objek lelang sungai penimur tersebut sehingga berdampak kepada lingkungan.
  3. Berapa jam kebocoran pipa line tersebut baru ditangani.
  4. Atas nama siapa saja yang bertugas melakukan penanggulangan (pembersihan cairan) di objek lelang sungai penimur beberapa hari yang lalu.
  5. Sudah ada laporan atau koordinasi ke pemerintah setempat atau belum.
  6. Sudah sejauh mana alur sungai/baku mutu air dampak yang tercemar.
  7. Apakah cairan tersebut beracun, dapat membaur larut dengn air, dapat meresap ke tanah hingga beberapa jenis ikan, belut, labi-labi, kodok, bahkan ular pun mati.
  8. Apa nama jenis cairan pipa bocor yang mengalir ke objek lelang sungai tersebut.

Namun yang mengejutkan tim yaitu atas jawaban dari Anandari selaku bagian Humas PT. Pertamina PRO Zona4, sangat jauh dari substansi isi konfirmasi yang dilayangkan diatas.

Tetapi isi jawaban yang tim terima melalui Anandari menjadikan tanda tanya besar. Sekelas perusahaan besar yang bergerak di bidang produk bahan bakar minyak dan LPG, kenapa Anandri memberikan jawaban yang dinilai ngawur serta jauh dari substansi perihal yang dikonfirmasikan.

Berikut kutipan WhatApp (WA) atau jawaban dari Anandari yang tim terima terkait 9 itm pertanyaan konfirmasi di atas.

[21/7 18.48] Anandari PRO Zona4 Pertamina: Pak kandar selamat malam.

[21/7 18.49] Anandari PRO Zona4 Pertamina: Apakah saya boleh minta daftar anggota IWO? beserta data siapa2 saja yang sudah dapat sertifikasi ya untuk database kami, terima kasihh.

[21/7 22.16] Kabarpatroli.id: Trmksh mbk anandri atas jwbn konfirmasinya…

21/7 22.18] Kabarpatroli.id: Ok mbk jwbn mbk anandari sdh saya terima dan akan kami muat di media kami.

[22/7 06.37] Anandari PRO Zona4 Pertamina: Mohon maaf Pak, sebetulnya bukankah bapak juga mengirimkan hal ini dengan Bu Tuti? karena bukan kapasitas saya untuk menjawab ini Mohon maaf atas respon saya yang tidak sesuai, terima kasihhh.

[22/7 06.39] Anandari PRO Zona4 Pertamina: Saya tidak ada kapasitas untuk menjawab karena hanya sebagai perantara saja, dan kebetulan Bu Tuti juga sudah dapat info terkait berita tersebut. Terima kasihh.

[22/7 06.48] Anandari PRO Zona4 Pertamina: Terlampir release kami “Pertamina Pield Gerak Cepat Perbaiki Pipa Migas.

Jawaban pihak Humas PRO Zona4 Pertamina melalui Anandari berbanding terbalik 100% dari jawaban  Agus selaku GM. PRO Zona4 Pertamina. Berikut isi jawaban langsung yang diterima tim.

[21/7 18.26] Agus GM Pertamina Zona 4: Terimakasih infonya, pak. Saya tindaklanjuti bersama tim di lapangan, apakah ada bbrp unsur monitoring internal yg perlu di-improve. Trmksh.

[21/7 18.37] Agus GM Pertamina Zona 4: Kebocoran tgl 15 juli bu, sudah diklam dan dilakukan pembersihan saat itu juga, kondisi skr sdh bersih

[21/7 18.37] Agus GM Pertamina Zona 4: Jawaban dari teman teman sy di lapangan, ya pak. Trmksh

[21/7 20.03] Kabarpatroli.id: Ok pak jwbn bpk sdh saya terima dan akan kami muat di media kami

Beliau memberikan respon cepat dan sangat baik atas upaya yang telah dilakukan oleh tim terkait pesan konfirmasi yang telah dilayangkan tim kepada beliau. (Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here