Beranda Hukum & Kriminal Pelaku Pembakaran Camp PT MAP Dihadiahi Timah Panas

Pelaku Pembakaran Camp PT MAP Dihadiahi Timah Panas

258
0
BERBAGI

Muratara, Beritakajang.com – Satu terduga pelaku pembakaran camp PT. MAP tumbang dan menyerah setelah Tim Opsnal Beruang Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Musi Rawas Utara (Muratara) menghadiahkan timah panas di kaki tersangka dan langsung digelandang ke Mapolres Muratara.

Diketahui identitas tersangka yakni Tatak Irawan warga Desa Embacang Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Muratara, Sumatera Selatan (Sumsel). Sementara, belasan terduga pelaku lainnya sedang dilakukan pengembangan penyelidikan.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto didampingi Kabag Ops, Kompol Hendri dan Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat, saat press release mengatakan bahwa berdasarkan laporan LP/B-01 /I/2020/Sumsel/Res Muratara tanggal 19 Januari 2020.

“Tim Beruang Sat Reskrim Polres Muratara telah menangkap satu orang pelaku pembakaran camp PT MAP inisial TI,” kata Kapolres.

Dia mengungkapkan, petugas terpaksa memberikan tembakan terukur di kaki tersangka setelah mencoba melarikan diri saat petugas ingin mengamankannya.

“Saat dilakukan penangkapan, tersangka mencoba melarikan diri dari tim Beruang Muratara, setelah diberikan peringatan tembakan tiga kali ke atas oleh petugas, tersangka tetap mencoba melarikan diri. Kemudian petugas melakukan tembakan tepat dan terukur dan berhasil menangkap tersangka pelaku tindak pidana pembakaran serta barang bukti,” ujarnya.

Dijelaskan Kasat Reskrim, kronologi kejadian bermula pada Ahad (19/1) sekitar pukul 15.00 Wib setahun yang lalu. Pelaku lebih kurang sebanyak 13 orang mendatangi Camp PT MAP.

“Dalam keterangan pelapor, satu orang pelaku atas nama Dinul menghampiri saksi Sugeng yang merupakan karyawan PT MAP dan mengatakan, ‘kau yang nelpon polisi itu’ lalu Sugeng menjawab, ‘tidak, tanyolah samo Jahul (karyawan PT MAP)’. Namun, aksi pembakaran terhadap camp sudah terjadi,” urai Kasat.

Diungkapkannya, aksi pembakaran dimulai dari arah belakang, terlihat api mulai membesar dan menjalar kebagian depan serta menyambar mobil Toyota Kijang BE 1542 KY tahun 1994 warna hitam metalik. “Selain itu, pelaku juga merusak kaca mobil Hiline warna biru dan truck Mitsubishi warna kuning dan tiga unit motor trail yang ada di dalam camp tersebut turut terbakar,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kasat menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku TI, dan keterangan saksi Sugeng, pelaku pembakar pertama kali dari bagian belakang camp adalah TI.

Sementara dalam keterangan TI, pelaku diajak oleh Dinul dan anaknya Ade untuk membakar camp tersebut. Ajakan tersebut di setujui TI yang kemudian mereka menemui HOR dan kawan kawan, dengan membawa 5 liter bensin menuju Camp PT MAP.

“Setelah tiba di TKP terjadi pengancaman terhadap saksi dan para pelaku langsung membakar camp serta merusak kendaraan yg ada di TKP,” ungkapnya

Atas peristiwa tersebut, lanjutnya, petugas kemudian menangkap TI dan mengamankan beberapa barang bukti lainnya seperti, tiga unit handphone, arang dan kayu yang terbakar, kayu sepanjang 1,2 meter yang digunakan untuk merusak kendaraan dan hasil labfor Polda Sumsel yang telah diterbitkan.

“Tersangka dan barang bukti telah diamankan dan akan dilakukan penyelidikan dan penyidikan serta proses hukum selanjutnya,” tukasnya. (Dep)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here