Beranda HL Koramil 402-09/Mesuji Bersama Unsur Tripika Pantau Warga yang Baru Tiba dari Luar...

Koramil 402-09/Mesuji Bersama Unsur Tripika Pantau Warga yang Baru Tiba dari Luar Daerah

407
0
BERBAGI

Kayuagung, Beritakajang.com – Komado Distrik Militer (Kodim) 0402/OKI melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 402-09/Mesuji bersama Kepolisian Sektor (Polsek) Mesuji dan Pemerintah Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) melaksanakan kegiatan pemantauan sekaligus melakukan pengecekan terhadap warga yang baru tiba dari luar daerah di Pos Pantau Covid-19 Pematang Panggang Kecamatan Mesuji Kabupaten OKI, Selasa (28/4/2020).

Pemantauan sekaligus pengecekan warga ini dilakukan dalam rangka meminimalisir serta mencegah terjadinya peningkatan terhadap penularan virus Covid-19 yang saat ini tengah mewabah di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk wilayah Kabupaten OKI Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Komandan Kodim (Dandim) 0402/OKI Letkol Inf. Zamroni S.sos melalui Komandan Koramil (Danramil) 402-09/ Mesuji, Kapten Inf. Salamun, bersama Camat dan Kapolsek Mesuji turun langsung melakukan pemantauan serta pengecekan warga.

Danramil menjelaskan, kegiatan ini salah satu bentuk kepedulian TNI dan beberapa unsur tripika lainnya dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan pandemi virus Covid-19 yang terjadi di wilayah OKI.

Menurut dia, saat ini jumlah Pelaku Perjalanan wilayah Terjangkit (PPT) semakin hari semakin meningkat. Dengan semakin meningkatnya PPT, menyebabkan tingkat penyebaran virus tersebut semakin rentan.

“Kita tidak tahu apakah warga yang datang ini terjangkit atau tidak, yang pasti kita lakukan pengecekan terlebih dahulu, karena kebanyakan penularan yang terjadi di OKI itu kasusnya impor,” ujar Danramil.

Danramil juga menjelaskan bahwa pencegahan penyebaran virus ini sangat mudah, yakni dengan membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir atau membasuh tangan dengan cairan hand sanitaizer serta menjaga pola hidup sehat.

“Dan bagi warga yang baru datang agar mengisolasi diri di rumah selama 14 hari dan jaga jarak. Selain itu, setiap kita mau keluar rumah hendaknya selalu menggunakan masker agar terhindar dari percikan droplet yang menjadi salah satu penyebab penularan virus ini,” jelasnya.

Danramil berharap dengan adanya kegiatan pencegahan dini yakni dengan melakukan pemantauan dan pengecekan langsung warga di Pos Pantau Covid-19 dapat menekan tingkat penyebaran virus tersebut, sehingga Kabupaten OKI menjadi wilayah zero Covid-19.

“Kita harapkan pandemi ini segera berakhir. Dan kehidupan sosial kita kembali normal seperti sediakala,” tandasnya. (Ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here